KMP Samudera Utama usai lepas kandas dan bersandar di dermaga LCM Gilimanuk. (BP/Olo)

NEGARA, BALIPOST. com – Dampak cuaca buruk di perairan Selat Bali, Kapal Motor Penumpang (KMP) Samudra Utama kandas kurang lebih 4 jam, Rabu (12/6) malam.

Kapal yang mengangkut sejumlah kendaraan dan puluhan penumpang tersebut akhirnya bisa lepas kandas dan bongkar muatan di dermaga LCM Gilimanuk.
Kapal kandas sat berlayar dari Pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan Gilimanuk. Menjelang bersandar di dermaga, kapal hendak bermanuver namun terseret arus deras ke arah Utara. Saat itu kecepatan angin antara 15-20 knot dari selatan.

Baca juga:  Sejak 5 Februari, Seratusan WNA Ditolak Masuk Bali

Karena terseret ke perairan dangkal hingga kandas sekitar pukul 23.00 WITA. Tepatnya sekitar 100 meter utara Pura Segara Gilimanuk. Nakhoda kapal berupaya melepaskan kapal dari kandas, namun tidak berhasil. Akhirnya diputuskan menunggu air laut naik dan pada pukul 03.00 WITA, kapal  berhasil lepas dari kandas.

KMP Samudra Utama saat itu mengangkut 36 orang, 22 penumpang dan 14 orang kru kapal. Kendaraan yang diangkut diantaranya 2 unit sepeda motor, 8 unit truk tronton dan 5 unit truk besar.

Baca juga:  Tangani Sampah Pantai Toya Pakeh, Cuaca Buruk Jadi Kendala

Pengawas Satuan Pelayanan (Wasatpel) Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Pelabuhan Gilimanuk, I Made Ria Fran Dharma Yudha, mengharapkan dengan cuaca buruk yang belakang terjadi, operator kapal agar mematuhi SOP pelayaran dan pengguna jasa penyeberangan untuk selalu mematuhi ketentuan keselamatan pelayaran. (Surya Dharma/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *