SEMARAPURA, BALIPOST.com – Pemkab Klungkung kembali menyelenggarakan Festival Semarapura ke-6 pada 28 April sampai 1 Mei 2024. Dalam penyelenggaraannya, Desa Adat Semarapura selalu turut serta berkontribusi menyukseskan agenda tahunan tersebut, dengan mengerahkan Bakamda (Bantuan Keamanan Desa Adat). Sebanyak 30 anggota Bakamda Desa Adat Semarapura berkolaborasi dengan panitia penyelenggara dan aparat keamanan seperti dengan pihak kepolisian, agar penyelenggaraan festival ini berjalan dengan aman dan lancar.

Bendesa Adat Semarapura, Wayan Budarsana, Minggu (28/4) menyampaikan Festival Semarapura ini digelar di wewidangan Desa Adat Semarapura, sehingga pihak desa adat tentu berkewajiban membantu penyelenggaraannya agar berjalan sukses. Baga Pawongan ditugaskan khusus pihak desa adat, untuk ikut melakukan pengamanan. “Agenda Festival Semarapura ini memang kegiatannya pemerintah daerah, tetapi penyelenggaraannya tetap di wewidangan kami di Desa Adat Semarapura. Kami selalu mendukung penuh penyelenggaraannya, senantiasa berkolaborasi dalam hal pengamanan melalui Bakamda. Setiap hari selama penyelenggaraan, akan selalu ada anggota Bakamda di pos,” katanya.

Baca juga:  Seniman Berkontribusi Bumikan Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali

Baga Pawongan Desa Adat Semarapura Yudhi Pasek Kusuma menambahkan, setiap penyelenggaraan agenda yang melibatkan masyarakat banyak di wewidangan Desa Adat Semarapura, Bakamda selalu senantiasa hadir melaksanakan kewajibannya. Bakamda dibentuk khusus oleh Desa Adat Semarapura, untuk mengamankan penyelenggaraan event-event besar, yang venue-nya ada di wewidangan Desa Adat Semarapura, di luar dari kegiatan pengamanan kegiatan upacara panca yadnya.

Tidak hanya terbatas pada kegiatan pemerintah daerah, dalam kegiatan-kegiatan lain dari pihak swasta yang melibatkan orang banyak dan membutuhkan pengamanan, juga akan melibatkan Bakamda, sebagai elemen penting pengamanan dari pihak desa adat. Sementara dalam konteks Festival Semarapura ini, Yudi Pasek Kusuma menegaskan seluruh anggota Bakamda ini disebarkan ke titik-titik keramaian, selain tiga orang yang selalu ada dalam Pos Penjagaan di areal Festival Semarapura. Dengan demikian, koordinasi dan komunikasi dapat dilakukan lebih cepat, demikian juga ketika akan melakukan tindakan-tindakan cepat bilamana diperlukan.

Baca juga:  Paiketan Krama Bali Bagi Paket Pangan

Dengan peran Bakamda Desa Adat Semarapura ini, Yudhi Pasek Kusuma berharap pelaksanaan Festival Semarapura dari pembukaan sampai penutupan, dapat berjalan dengan lancar dan memberi manfaat bagi perkembangan ekonomi warga sekaligus promosi pariwisata Kabupaten Klungkung. (Bagiarta/balipost)

Tonton selengkapnya di video

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *