Penumpang pesawat tiba di Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Minggu (7/4/2024). (BP/Dokumen Antara)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Setelah sepekan mengalami kenaikan kedatangan penumpang domestik di momentum arus mudik Lebaran 2024, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai mulai merasakan lonjakan pada rute keberangkatan. Puncak arus balik diprediksi pada hari ini, Minggu (14/4).

General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan mencatat peningkatan arus balik mulai terasa sejak Jumat (12/4). Jumlah penumpang domestik keluar 17.024 orang.

Dikutip dari Kantor Berita Antara, jumlah penumpang domestik datang lebih sedikit yaitu 15.472 orang. Sementara sehari sebelumnya terbalik, yaitu kedatangan domestik 13.592 orang dan keberangkatan domestik hanya 12.549 orang.

Baca juga:  Tradisi Mudik Lebaran Telah Ada Sejak Negara Seumuran Jagung

“Terkait prediksi puncak arus balik di Bandara I Gusti Ngurah Rai akan terjadi pada tanggal 14 April 2024 sekitar 69.311 penumpang (domestik dan internasional) berkaitan dengan batas libur akan berakhir pada tanggal tersebut,” kata Handy.

Secara keseluruhan sejak dibukanya posko angkutan Lebaran 2024 pada 3-12 April, mereka telah melayani 645.476 penumpang, dan diprediksi hari ini akan bertambah sekitar 68.799 penumpang.

Untuk arus balik, dari proyeksi bandara akan ada 234 ribu orang yang akan meninggalkan Bali baik domestik dan internasional.

Baca juga:  Kapenrem 163/Wira Satya Ditarik ke Dispenad, Ini Pelaksana Hariannya

Untuk mengantisipasi kepadatan sepanjang momentum ini Handy menyampaikan telah menempatkan personel airport security, dibantu Polres Bandara, Dinas Perhubungan, pecalang dan petugas parkir di berbagai titik untuk mengatur arus masuk dan keluar kendaraan di area bandara.

“Kami juga telah menyiapkan beberapa skema pengalihan lalu lintas apabila kepadatan mulai terjadi di area sekitar bandara, kami telah menambahkan SOP penanganan penumpang pesawat jika kondisi macet dimana akan dibuka beberapa titik masuk dengan prosedur tertentu,” ujarnya.

Baca juga:  Kedatangan Internasional, Wisman dari Tiga Negara Ini Alami Pertumbuhan Tertinggi

Untuk optimalisasi di areal Bandara I Gusti Ngurah Rai mereka kini menambah akses jalan, memperluas area pemeriksaan penumpang, dan menambah area pengendapan transportasi. (kmb/balipost)

BAGIKAN