Kondisi pelayanan di RSUD Wangaya Senin 8/4) saat cuti bersama. (BP/May)

DENPASAR, BALIPOST.com – Selama Libur lebaran, sesuai dengan surat edaran dari pemerintah Kota Denpasar, RSUD Wangaya membuka pelayanan lebih pendek dari pukul 07.30 sampai 13.00. Meski ada SE cuti bersama, namun RSUD Wangaya hanya mengambil libur saat tanggal 10 dan 11 April 2024.

Wakil Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUD Wangaya dr. IA Putri Widhiastuti, M.Kes., Senin (8/4) mengatakan, hari lain selama cuti bersama Senin, Selasa, dan Jumat tetap membuka pelayanan hanya saja diperpendek yang biasanya, pelayanan hari normal dari pukul 07.00 sampai 15.00. “Tapi ketika ada edaran cuti bersama, kit melayani dari 07.30 sampai 13.00,” imbuhnya.

Baca juga:  Tangani Sampah, Klungkung Laksanakan Ini Mulai Maret

Sementara pelayanan rawat jalan seperti Hemodialisis (HD) yang harus dilakukan 2 kali seminggu tetap berjalan dengan pengaturan jadwal sebelum libur. Dengan libur lebaran 10 dan 11 April maka pelayanan HD dilakukan H-1 libur. “Ketika mendekati hari raya, pasien biasanya membludak sebelum libur karena pasien sudah diantisipasi dan kita pun, petugas kesehatan di poli juga melihat kalender untuk memberi jadwal kontrol pada pasien,” jelasnya.

Baca juga:  Lebaran, Kepadatan Jalur Lalin di Kuta Naik 40 Persen

Peningkatan jumlah kunjungan juga terjadi setelah hari raya sekitar 10 -20 persen. Pada hari normal tingkat kunjungan pasien ke IGD rata – rata 130-an per hari, sedangkan pasien rawat jalan rata – rata per hari 500an yang mana 80-90 persen merupakan pasien BPJS Kesehatan.

Pelayanan IGD tetap normal 24 jam dengan dokter jaga 4 setiap shift dan 8 perawat per shift. Dikatakan selama libur lebaran tidak ada layanan terbatas termasuk operasi. “Apalagi kalau pasien Cito, kita tidak bisa menolak, karena tim operasi kita ada shiftnya bahkan pagi, siang, malam, dan bahkan kita menyiapkan tim OK untuk Cito,” ujarnya.

Baca juga:  Kasus COVID-19 Nasional Masih Bertambah di Atas 4.000 Orang, Naik dari Sehari Sebelumnya

Sebagai RS Tipe B pendidikan, RSUD Wangaya menerima referral pasien dari Puskesmas yang notabene telah memiliki IGD, dari RS Tipe C, klinik dan RS Tipe B juga. (Citta Maya/Balipost)

BAGIKAN