Tanah Longsor - Petugas BPBD dan PUPR menangani tanah longsor dan rumpun pohon bambu tumbang di Bendung Pengalu di Banjar Kerta Desa Kerta, Kecamatan Payangan. (BP/Wir)

GIANYAR, BALIPOST.com – Cuaca ekstrem menyebabkan terjadi tanah longsor di Banjar Kerta Desa Kerta, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar. Tanah longsor ini diikuti 6 rumpun bambu tumbang menimpa Bendung Pengalu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gianyar, Ida Bagus Putu Suamba, didampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar, IGN. Dibya Presasta, Jumat (15/3) mengatakan, pohon bambu yang tumbang akibat tanah longsor memiliki panjang sekitar 20 m. Sementara tebal material tanah yang longsor sekitar 4 meter.

Baca juga:  46 Ribu Warga Denpasar Belum Rekam E-KTP

IB. Suamba menjelaskan tanah longsor ini diakibatkan hujan deras dalam beberapa pekan. Beruntung tidak ada korban jiwa, hanya saja terjadi kerugian material Rp 300 juta.

Dipaparkannya, penanganan tanah longsor dan pohon tumbang melibatkan TRC BPBD Gianyar dan Petugas PUPR Gianyar. Kegiatan ini juga dibantu Pekaseh Kerta dan warga setempat. “Penanganan rumpun bambu yang longsor dibantu menggunakan peralatan 1 chainsaw medium dan 1 set pompa air,” jelas IB. Suamba. (Wirnaya/Balipost)

Baca juga:  BPBD Tangani Tiga Titik Tanah Longsor di Yehembang dan Yeh Sumbul

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *