Wayan Baru Ketua DPC Partai Gerindra Klungkung. (BP/Gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Partai Gerindra Klungkung menjaga basis massa di wilayah Kepulauan Nusa Penida pada Pileg 2024. Setelah bekerja keras memenangkan Prabowo-Gibran dalam Pilpres, hasil sementara Gerindra juga mengunci 4 kursi DPRD Klungkung untuk dapil Nusa Penida, dari total 9 kursi di wilayah kepulauan ini. Perolehan ini menaikkan jumlah kursi dapil Nusa Penida, dari sebelumnya tiga kursi.

Ketua DPC Partai Gerindra Klungkung I Wayan Baru, Minggu (18/2) mengatakan, seluruh caleg dari Partai Gerindra bergerak maksimal dalam pertarungan selama Pileg 2024 kali ini. Sehingga, hasil sementara dari perhitungan internal partai, sudah sedikit terlihat dari masing-masing dapil, terutama di wilayah Nusa Penida. Partai Gerindra sementara bersaing ketat dengan PDIP untuk memperebutkan 9 kursi di daerah kepulauan ini.

Baca juga:  Bangli Ingin Beranjak dari Juru Kunci Porprov

Baru mengatakan dari hasil rekap sementara internal partai, untuk Pileg Kabupaten, total Partai Gerindra sementara mampu meraup 16.269 suara dari total DPT di Kecamatan Nusa Penida sebanyak 48 ribu lebih. Dengan perolehan suara sebanyak itu, 4 kursi DPRD Klungkung untuk dapil Kecamatan Nusa Penida sementara sudah dapat dikunci. Sesuai dengan perolehan suara, mereka yang sementara diperkirakan lolos, antara lain, tiga incumbent I Wayan Baru, I Wayan Suarta dan I Ketut Gunaksa, serta satu lagi kader anyar I Ketut Dadi.

Baru enggan menjelaskan lebih jauh perolehan masing-masing calegnya itu, untuk menghormati proses yang sedang berjalan di KPU. Sementara untuk proses rekap secara internal pada tiga dapil lain, baik itu dapil Klungkung, Dawan dan Banjarangkan, dikatakan masih berlangsung alot. Sehingga pihaknya belum bisa memberi penjelasan lebih jauh. Proses pleno oleh KPU Klungkung di masing-masing PPK, sementara ditunda, sesuai arahan KPU Pusat. Dari proses pleno ini nantinya baru akan terlihat jelas, bagaimana perolehan masing-masing caleg di setiap partai politik.

Baca juga:  Jenazah Bharatu Anumerta Komang Disambut Haru, Sang Tante Menangis hingga Tak Sadarkan Diri

“Tambahan satu kursi menjadi empat kursi di dapil Nusa Penida ini, akan membuat kekuatan kita untuk memperjuangkan pembangunan di Nusa Penida menjadi lebih besar. Tentu kepercayaan yang diberikan rakyat pada kita, harus kita jawab dengan kerja-kerja nyata yang berdampak konkrit sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Nusa Penida,” terang Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Klungkung ini.

Tidak hanya mengunci 4 kursi DPRD Klungkung dapil Nusa Penida, Gerindra Klungkung juga sementara mengunci 1 kursi DPRD Bali melalui caleg incumbent Ketut Juliarta. Gerindra mempertahankan 1 kursi DPRD Bali dapil Klungkung dari 3 kursi yang diperebutkan. Dari hasil perhitungan sementara secara internal, Juliarta sementara sudah mengumpulkan 16 ribu suara, dari total 24 ribu suara Partai Gerindra untuk DPRD Bali

Baca juga:  Disebut Masuk Tim Sukses Prabowo-Sandiaga, Yenny Wahid Masih Istikharah

Sampai Minggu (18/2) Wayan Baru menegaskan, masih memantau hasil perolehan suara secara internal pada dapil-dapil yang lain. Dia berharap dapil-dapil lainnya juga memberikan progres yang signifikan untuk mendongkrak perolehan suara Partai Gerindra Kabupaten Klungkung, linier dengan hasil Pilpres yang memenangkan Prabowo-Gibran. (Bagiarta/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *