Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi saat konferensi pers di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta Pusat, Jumat (19/1/2024). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Menteri dari Kabinet Indonesia Maju (KIM) yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin tidak ada yang merencanakan mundur dari jabatannya.

Hal itu ditegaskan Menkominfo Budi Arie Setiadi, untuk menepis informasi yang beredar terkait isu rencana 15 menteri yang ingin mundur dari jabatannya saat ini di KIM.

“Bahwa isu mundurnya menteri bahkan jumlahnya sampai 15, sekarang turun jadi lima, itu adalah isu yang sama sekali tidak benar. Karena pemerintahan Pak Jokowi-Ma’ruf Amin, Kabinet Indonesia Maju tetap solid. Dan saat ini seluruh menteri tetap fokus kerja,” kata Budi dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta Pusat, seperti dikutip dari kantor berita Antara, Jumat (19/1).

Baca juga:  Sejumlah Menteri Respons Positif Usulan Pemanfaatan Garam Tradisional Lokal Bali

Budi mengatakan, setelah menerima informasi mengenai isu rencana 15 menteri mundur, ia langsung mengonfirmasi satu-satu pada setiap menteri untuk memastikan kebenarannya.

Ternyata seluruhnya tegas menjawab tidak akan mundur dan tetap bekerja sesuai dengan tanggung jawabnya.

Ia mencontohkan misalnya seperti Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang juga terseret namanya dalam isu tersebut, ternyata saat ini tengah fokus menyiapkan materi untuk disampaikan dalam debat di Dewan Keamanan PBB.

Baca juga:  Menkominfo Ucapkan Selamat Ultah ke Bali TV

“Beliau ini sedang mempersiapkan diri untuk debat di Dewan Keamanan PBB tentang Gaza dalam waktu ke depan. Jadi isu-isu ini diluruskan ke masyarakat,” kata Budi.

Lebih lanjut, Budi mengatakan adapun isu itu hanyalah opini yang merupakan asumsi, dengan demikian ada baiknya masyarakat mencari tahu lebih dulu faktanya.

Adapun informasi yang menyebutkan adanya rencana 15 menteri yang bakal mundur dari KIM awalnya bermula dari pernyataan Ekonom senior Faisal Basri dalam sebuah acara diskusi di Jakarta baru-baru.

Baca juga:  Jalan Inpres Daerah Purwodadi-Blora Diresmikan

Salah satu menteri yang disebutnya berencana mundur dari KIM ialah Menteri Keuangan Sri Mulyani. Ia menyebut Sri Mulyani menteri yang secara moral paling siap untuk mundur dari kabinet.

Menurut Faisal, menteri dari kalangan teknokrat seperti Sri Mulyani siap mundur karena isu dukungan Presiden dalam pilpres.

Selain Sri Mulyani, Faisal juga menyebut beberapa nama lain seperti Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *