Kapendam IX/Udayana Kolonel Inf. Agung Udayana pimpin ziarah rombongan ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Pancaka Tirta, Tabanan. (BP/Istimewa)

TABANAN, BALIPOST.com – Memperingati HUT ke-73 Penerangan TNI AD tahun 2024, Kapendam IX/Udayana Kolonel Inf. Agung Udayana pimpin kegiatan ziarah rombongan ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Pancaka Tirta, Tabanan, Banjar Taman Sari,  Kamis (11/1). Kegiatan ini bertujuan untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Diharapkan sebagai generasi penerus sudah sepatutnya memberikan penghormatan untuk para pahlawan. Kolonel Agung Udayana menjelaskan, cikal bakal Penerangan TNI AD sudah tampak sejak perang kemerdekaan. Itu sebuah kenyataan yang tidak dapat dipungkiri, walaupun secara resmi organisasi belum terbentuk.

Baca juga:  Anggota Pendam Juara Lomba Penulisan Esai Penerangan TNI AD

Namun, keberadaan dan perannya dalam perjuangan bangsa menampakkan hasil yang nyata. “Oleh karena itu pimpinan Angkatan Darat pada saat itu memutuskan membentuk organisasi penerangan melalui penetapan Kasad Nomor: 8/Kasad/Pnt/1951 tanggal 13 Januari 1951 dengan nama Bagian Penerangan dan Penerbitan. Cikal bakal inilah yang setiap tanggal 13 Januari diperingati sebagai Hari Jadi Penerangan TNI-AD,” ujarnya.

Terkait kegiatan ziarah rombongan tersebut, Agung Udayana mengatakan  juga memiliki makna yang sangat penting sebagai bukti kebesaran Bangsa Indonesia. Pasalnya bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya.

Baca juga:  Raih Bintang Gerilya, Veteran Made Anom Diabadikan di TMP Pancaka Tirta

“Pendam IX/Udayana juga melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa donor darah dan syukuran” ujarnya. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *