Wakil Gubernur Bali, Tjok Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace), bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangka Peringatan HUT ke-78 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2023, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pancaka Tirta, Tabanan. (BP/Ist)

TABANAN, BALIPOST.com – Wakil Gubernur (Wagub) Bali, Tjok Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace), bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangka Peringatan HUT ke-78 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2023. Prosesi upacara yang rutin berjalan tiap tahun tersebut dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pancaka Tirta, Tabanan, Rabu (16/8) malam dan berakhir Kamis (17/8) dini hari.

Dalam renungan tertulis yang dibacakan oleh Wagub Cok Ace, Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini dimaksudkan untuk memperingati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. “Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian Perjuangan saudara-saudara sebagai pahlawan, pengabdian demi kebahagiaan negara dan bangsa,” ujarnya dalam renungan tertulis tersebut.

Baca juga:  Hizbullah Pimpin OJK Bali dan Nusa Tenggara

Disebutkan pula oleh Penglingsir Puri Ubud ini, sejumlah 639 pejuang TNI dan Porli serta 253 Pejuang Rakyat dan 9 Pahlawan Tak Dikenal yang berjuang dalam mempertahankan kemerdekaan dimakamkan di TMP Pancaka Tirta yang terletak di pusat kota Tabanan tersebut.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci yang juga ini dimulai tepat pukul 24.00 Wita dengan prosesi penyalaan obor dan pemadaman lampu penerangan di areal TMP. Mengiringi renungan suci tertulis dan doa yang dipanjatkan seluruh peserta apel untuk mengenang kembali jasa para pahlawan pendahulu bangsa.

Baca juga:  KPK Telusuri Dugaan Penggunaan DID Tabanan Tak Sesuai Peruntukan

Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra, Bupati Tabanan Komang Gde Sanjaya, Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan, Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga, hingga Sekretaris Daerah Kabupaten Tabanan, I Gede Susila nampak hadir mengikuti apel kehormatan. Nampak pula Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana Brigadir Jenderal TNI Pranito Dwinarwan dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Bali I Nyoman Sugawa Korry. Apel juga dihadiri Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Bali, jajaran TNI, POLRI, Satpol PP, Pramuka, Pelajar serta peserta lainnya. (Kmb/Balipost)

Baca juga:  Wagub Bali Apresiasi Tiga Desa Wisata Masuk Nominasi ADWI
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *