Ribuan Personel Gabungan Lakukan Bersih – Bersih Pantai di Pesisir Utara. (BP/Yud)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Memasuki musim penghujan, ribuan personel gabungan dari unsur TNI/Polri, Forkominda dan Elemen masyarakat melakukan aksi bersih-bersih pantai yang dibarengi dengan penanaman pohon. Langkah ini diambil sebagai upaya kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Kodim 1609/Buleleng ini dari Eks Pelabuhan Buleleng hingga Pantai Lovina dengan panjang 9,6 Km. Tim Gabungan membersihkan sampah-sampah yang ada di sepanjang pantai, seperti plastik, botol, kertas dan sampah organik.

Baca juga:  Ikan Hiu Tutul Terdampar di Pantai Tegal Besar, Berulangkali Didorong ke Laut Tak Berhasil

Sampah-sampah tersebut kemudian dikumpulkan dan diangkut ke tempat pembuangan akhir. Dandim 1609/Buleleng Letkol Kav Angga Nurdyana, Kamis (4/1) menjelaskan Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Kick Off Pelestarian Alam oleh Kodam IX/Udayana.

Di samping itu juga sebagai upaya meningkatkan kepedulian dan partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan pesisir untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan lestari. Apalagi saat ini memasuki musim penghujan yang kerap menimbulkan sampah kiriman. “Musim hujan sudah mulai dari sebulan lalu, namun sampah yang turun ke laut mulai terlihat. Sehingga kami mengajak segenap elemen masyarakat untuk melakukan aksi ini,” terang Angga.

Baca juga:  Bangli Dilanda Pohon Tumbang dan Longsor, Satu Sedan di Garasi Ringsek

Menurut Angga sampah-sampah itu langsung dibawa ke TPA Bengkala. Selanjutnya tim di TPA Bengkala akan memilah sampah sesuai dengan karakteristiknya.

Sampah yang bersifat organik akan diolah menjadi pupuk. Sementara yang anorganik akan dikelola sebaik mungkin, agar memiliki nilai manfaat.

Selain membersihkan pantai, kegiatan ini juga diisi dengan penanaman pohon di lahan tidur milik Pemkab.Buleleng yang terletak di Kelurahan Banyuasri, Kecamatan Buleleng. Pohon yang ditanam adalah pohon mangga yang diharapkan dapat tumbuh subur dan memberikan manfaat bagi masyarakat. (Nyoman Yudha/balipost)

Baca juga:  Viral, Hutan Suter Kumuh Banyak Sampah
BAGIKAN