Danlanal Denpasar Kolonel Marinir I Dewa Nyoman Gede Rake Susilo meninjau persiapan pengamanan Gilimanuk memasuki arus Nataru, Kamis (21/12). (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Pengamanan arus transportasi Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 mulai digelar, termasuk di Pelabuhan Gilimanuk. Dari pengamatan dan data ASDP, arus di H-3 Natal, arus penyeberangan di Gilimanuk terpantau ramai lancar.

Truk atau kendaraan barang masih mendominasi. Sedangkan mobil pribadi dari Pulau Jawa banyak mulai ramai masuk Bali.

Memastikan pengamanan penyeberangan lancar, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Denpasar Kolonel Marinir I Dewa Nyoman Gede Rake Susilo, Kamis (21/12), meninjau langsung kesiapan di Posko pengamanan penyeberangan Angkatan Laut di Gilimanuk. Peninjauan dilakukan guna mengecek kesiapsiagaan personel TNI AL Lanal Denpasar yang berkolaborasi dengan instansi samping dalam menghadapi berbagai kemungkinan gangguan kamtibmas yang dapat terjadi pada saat (Nataru).

Baca juga:  Pelaku Pariwisata Divaksinasi Booster Kedua

Sejumlah fasilitas yang digunakan untuk memperlancar seperti dermaga MB IV yang baru dan tambahan sejumlah kapal kapasitas besar. Menurutnya upaya ini sesuai untuk menunjang kenyamanan dan kelancaran kepada para pengguna jasa penyeberang pada Nataru ini. “Secara umum sudah bagus, tapi kami harapkan ke depannya agar untuk usia kapal diperhatikan. Untuk layanan penyeberangan ini kami harapkan tahun yang uzur agar diganti,” katanya.

Baca juga:  Pelaku Wisata Sayangkan Pemberlakuan PPKM Level 3 saat Nataru

Selain itu, Danlanal juga mengingatkan kepada kendaraan barang diluar angkut sembako untuk mematuhi keputusan bersama pembatasan operasional kendaraan barang mulai 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024 mendatang. Momentum liburan Nataru ini digunakan untuk mudik ataupun berwisata di Pulau Bali, sehingga diprediksi ada peningkatan jasa penyeberang baik menuju ataupun keluar Pulau Bali. “Dengan peningkatan ini harus diimbangi dengan peningkatan keamanan dan kewaspadaan oleh seluruh personel yang bertugas guna mewujudkan stabilitas dalam keamanan,” katanya.

Baca juga:  Masih Landai, Arus Balik Idul Adha di Pelabuhan Gilimanuk

Danlanal Denpasar didampingi instansi terkait juga meninjau Posko terpadu pengamanan yang melibatkan TNI AL, SAR Pos Jembrana, Brimob Polda Bali dan Polairud Polres Jembrana di areal Pelabuhan Gilimanuk. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN