Perekaman El-KTP telah dilaksanakan di Kantor Kelurahan Kapal, Senin (4/12). (BP/Ist)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Badung, jemput bola (Jebol) pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (el-KTP). Kegiatan ini dipusatkan di Kantor Kelurahan Kapal.

Lurah Kapal, I Nyoman Adi Setiawan saat dihubungi Rabu (6/12), membenarkan adanya program tersebut di Kelurahan Kapal. Kegiatan ini Jebol perekaman El-KTP ini telah dilaksanakan di Kantor Kelurahan Kapal, Senin (4/12). “Betul kegiatan Jebol Usia 16 ini diinisiasi oleh Disdukcapil Badung dari pukul 16.00 WITA hingga 21.00 WITA,” katanya.

Baca juga:  Dua Jembatan di Yehembang Kauh Putus, Warga Terisolir

Menurutnya, sebanyak 80 orang telah melakukan perekaman, namun lantaran telah larut malam sejumlah masyarakat yang belum terlayani diarahkan ke Kantor Disdukcapil Badung. “Karena sudah jam 21.00 WITA beberapa masyarakat sekitar 10 orang diarahkan untuk perekaman besok harinya langsung di kantor Disdukcapil Badung,” ucapnya.

Dikatakan, perekaman El-KTP di Kelurahan Kapal diperuntukan ke seluruh masyarakat yang berdomisili di Kabupaten Badung. Tujuan program ini sesuai arahan Bupati Badung melalui Kadisdukcapil agar mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, terlebih memperkuat data kependudukan menjelang Pemilu 2024.

Baca juga:  Setahun Jebol, Jalan di Sidawa Belum Dapat Penanganan

“Seluruh warga yang berdomisili di Badung boleh melakukan perekaman di Kelurahan Kapal sesuai dengan waktu pelayanan, dan penduduk disabilitas juga dilayani oleh pegawai capil dan kelurahan kebetulan kemarin ada 2 orang dan diantar oleh keluarga ke kantor kelurahan,” jelasnya seraya berharap program serupa diselenggarakan kembali.

Sementara Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Badung, AA Arimbawa mengatakan, program jemput bola ini adalah program yang rutin dilakukan untuk mencapai target perekaman bagi warga yang sudah berhak memperoleh KTP di tahun 2024 mendatang. “Ini juga pelayanan kita untuk masyarakat yang tidak bisa datang Kantor kita di Puspem Badung,” ujarnya.

Baca juga:  Antri di Disdukcapil, Fauzan Meninggal

Lebih lanjut ia juga berterima kasih atas antusiasme masyarakat datang melakukan pemutakhiran administrasi kependudukan. “Program ini akan rutin kita lakukan bekerjasama dengan pihak desa dan kecamatan sehingga perekaman serta pemutakhiran data kependudukan di Badung semakin lengkap,” katanya. (Adv/Balipost)

 

BAGIKAN