Kebocoran pipa- Petugas PDAM menangani pipa bocor, di Madangan Desa Petak Kecamatan Gianyar. (BP/Ist)

GIANYAR, BALIPOST.com – Keluhan debit air kecil pada waktu tertentu di beberapa titik di Madangan Desa Petak, Kecamatan Gianyar, ternyata bukan sepenuhnya karena masalah penurunan debit air saat titik puncak penggunaan air bersih dari pelanggan.

Direktur Utama PAM TS Gianyar, I Made Sastra Kencana didampingi Direktur Teknik Perumda Air Minun Tirta Sanjiwani (PAM TS), Wayan Suastika Selasa (24/10) mengatakan, penurunan debit air pada waktu-waktu tertentu seperti di Madangan bukan semata karena debit air mengecil melainkan juga karena pipa yang bocor sehingga petugas PAM TS secara optimal memperbaiki pipa PDAM yang bocor.

Baca juga:  Kemarau Picu Penurunan Debit Air Irigasi

Diungkapkannya, PDAM memang benar menerima gangguan layanan yang dilaporkan 2 pelanggan yaitu Dewa Alit dan Rare Anggon di wilayah pelayanan Zona Madangan. Dilaporkan, kapasitas suplay Zona Madangan sebesar 5, 87 lps dari Mata Air Grafitasi Yeh Barong 2, 04 lps dan dari Sumur Bor Madangan 3,87 lps.

Suastika menjelaskan, layanan pelanggan PAM TS menggunakan sistem reservoir dengan jumlah pelanggan sebanyak 812 sl dengan rata-rata konsumsi 11.339 m³ atau setara dengan 4,37 lps. “Gangguan pelayanan pada jam -jam puncak karena penurunan sumber mata air Yeh Barong sebesar 1 lps dan peningkatan konsumsi air pelanggan serta adanya potensi pipa bocor,” ucapnya.

Baca juga:  Di Karangasem, 382 Kilomoter Jalan Rusak Berat

Menyikapi Keluhan pelanggan di Madangan, PAM TS telah mengambil langkah- langkah inspeksi jaringan namun belum maksimal. Untuk itu telah dilakukan step test dan monitoring secara menyeluruh. Diduga ada potensi pipa bocor dan langkah-langkah yang diambil dengan melakukan step test terhadap jaringan tersebut.
Suastika menuturkan hasil pengecekan lapangan gangguan pelayanan di Madangan hanya pada jam puncak. Ini telah ditindaklanjuti dengan uji aliran pada daerah yang ruasnya bocor. “Pelanggan di Dukuh, Kabetan dalam posisi daerah tertinggi air PDAM masih mengalir secara normal,” tegasnya.

Wayan Suastika menambahkan di MA Barong ada penurunan 1 L/dt untuk pelayanan 2 zona, tapi suplai debit air ke zona madangan dari MA Barong dan SB Madangan masih stabil dan mencukupi untuk pelanggan 812 SR. Terkait masalahnya ada pipa bocor di ruas paling Selatan, setelah Petugas PAM TS mengatur aliran air ke ruas pipa yang bocor level air di reservoir madangan menjadi stabil.

Baca juga:  Laga Persik Vs Bali United, Gubernur Koster Minta Bupati/Wali Kota se-Bali Siapkan LED Nobar

“Hasil kegiatan pencarian pipa bocor, petugas menemukan kebocoran pipa di Utara Pengkolan Kabetan dan telah dilakukan uji ruas DMA 4 kabetan. “Kami sudah menangani pipa bocor, di Madangan Desa Petak Kecamatan Gianyar,” tuturnya. (Wirnaya/Balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *