Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat memberikan keterangan kepada wartawan di Jakarta, Minggu (08/10/2023). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Masa tugas Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, berakhir bulan ini. Heru ​​menyerahkan keputusan perpanjangan masa jabatan Pj Gubernur kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Saya belum tahu, (soal perpanjangan) itu nanti bisa ditanyakan ke Kemendagri. Iya itu tanya dulu (kesiapan perpanjangan) ke Kemendagri,” kata Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono kepada wartawan di Jakarta, dikutip dari kantor berita Antara, Minggu (8/10).

Baca juga:  Bakamla RI Temukan Kapal Asing Mengelabui Data AIS

Saat dikonfirmasi mengenai evaluasi mengenai setahun kepemimpinan dirinya di Jakarta, ia mengatakan evaluasi kinerjanya di Kemendagri sudah rampung pada 29 September. “Tidak ada lagi evaluasi, kemarin itu (29 September) sudah terakhir untuk evaluasi,” kata dia.

Adapun sebelumnya, evaluasi kinerja triwulan keempat Heru dalam memimpin DKI Jakarta, antara lain membahas mengenai kemiskinan di Jakarta, inflasi, dan permasalahan lalu lintas.

Selain itu, terdapat isu penting seperti isu kesehatan, polusi, sampah, dan penyalahgunaan narkoba juga menjadi sorotan dalam evaluasi satu tahun itu.

Baca juga:  Bupati Tamba Lantik Penjabat Sekda I Nengah Ledang

Heru Budi dilantik sebagai Penjabat Gubernur DKI Jakarta pada Senin, 17 Oktober 2022 menggantikan Gubernur DKI sebelumnya, Anies Baswedan yang habis masa tugas.

Pelantikan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 100/P Tahun 2022 tentang Pengesahan Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Masa Jabatan 2017-2022 dan Pengangkatan Penjabat Gubernur DKI Jakarta.

Sesuai dengan pasal 8 ayat 1 Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 4 Tahun 2023 tentang Penjabat Gubernur, Penjabat Bupati dan Penjabat Wali Kota, dijelaskan bahwa masa jabatan Pj Gubernur hanya satu tahun dan dapat diperpanjang setahun berikutnya dengan orang yang sama atau berbeda. (Kmb/Balipost)

Baca juga:  KPU Tegaskan Tidak Ada Perpanjangan Pendaftaran Parpol
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *