Satpol PP Kabupaten Badung meraih penghargaan Bali Trepti dari Pemprov Bali. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Momen Spesial di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Satpol PP, dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-62, dicapai oleh Satpol PP Badung. Tahun ini, Satpol PP Kabupaten Badung, untuk kedua kalinya, meraih penghargaan Bali Trepti dari Pemprov Bali.

Selain itu, secara Nasional, Satpol PP Badung juga dinobatkan sebagai penerima penghargaan Karya Bhakti Satpol PP dari Kemendagri.

Menurut Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Badung, I Gusti Agung Ketut Suryanegara, penghargaan ini menjadi kado istimewa di HUT ke-74 Satpol PP dan hut ke-62 Satlinmas. Bahkan, tidak hanya penghargaan di tingkat Provinsi, Satpol PP Badung juga sukses meraih penghargaan di nasional.

“Untuk penghargaan ,syukur, astungkara, Kabupaten Badung untuk yang kedua kalinya mendapat penghargaan Bali Trepti, dari Pemerintah Provinsi Bali,” kata Suryanegara, ditemui usai Apel peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas tingkat Provinsi Bali, yang dipusatkan di Lapangan Puspem Badung, Jumat 22 Maret 2024.

Baca juga:  Wisdom Meningkat ke Badung, Satpol PP Gencarkan Penertiban Prokes Kawasan Kuliner

Lebih lanjut dikatakan Suryanegara, tak hanya penghargaan tingkat Provinsi, pihak Satpol PP Badung kata dia, juha sukses meraih penghargaan Karya Bhakti Satpol PP dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Badung kata dia patut berbangga, karena boleh dikatakan untuk di provinsi Bali, Badung satu-satunya yang meraih penghargaan bergengsi ini. Penghargaan ini juga menjadi yang kedua kali untuk Bali, mendapat Karya Bhakti dari Kemendagri, setelah sebelumnya diraih oleh Kota Denpasar di tahun 2018.

“Selain penghargaan Bali Trepti, kali ini Badung mendapat kepercayaan mendapat penghargaan Karya Bhakti langsung dari Menteri Dalam Negeri. Boleh dibilang untuk di Bali, Badung satu-satunya, dan Ini juga yang kedua kali untuk Bali mendapat karya bakti, setelah sebelumnya Denpasar di tahun 2018,” bebernya.

Baca juga:  Tingkatkan Lama Tinggal Wisatawan, Petitenget Gelar Ini

Untuk rangkaian perayaan HUT Satpol PP dan Satlinmas tahun ini, berbagai kegiatan sosial telah digelar. Seperti donor darah, pembagian sembako kepada warga kurang mampu, melakukan kegiatan bersih pantai. Selain itu, juga digelar berbagai pertandingan-pertandingan internal antar Satpol PP dan beberapa perangkat daerah di Bandung.

“Dan terakhir adalah rapat koordinasi serta pelaksanaan beberapa kegiatan internal Satpol PP se Bali. Artinya perayaan ini kita rayakan sebagai kebersamaan kita untuk evaluasi diri, untuk memastikan tugas-tugas yang akan kita selenggarakan dalam rangka, perhelatan politil akhir tahun ini yakni pilkada,” ucapnya.

Baca juga:  PHDI Badung Gelar Pesamuhan Madya, Rumuskan Sejumlah Materi

Disinggung terkait pemberian sembako, Suryanegara menyampaikan, untuk pemberian sembako, disalurkan sebanyak 200 paket. Selain itu, ada juga pemberian beberapa alat semacam alat bantu untuk disabilitas.

Di momen ulang tahun ke 74 ini, pihaknya berharap, Badung bersama Provinsi Bali yang merintis Satpol PP pariwisata, bisa menjalankan tugas dengan maksimal. Pasalnya kata dia, Bali dan Badung yang sangat bergantung pada sektor pariwisata, tentu wajib untuk menjaga dan melestarikan, tentunya melalui Satpol PP pariwisata.

“Harapannya ke depan Satpol PP akan semakin mendapat kepercayaan di masyarakat. Begitu juga di internal Satpol PP, bisa mengevaluasi diri dan lebih mengutamakan tindakan humasi, bukan hanya sekedar wacana namun harus dilaksanakan,” tegasnya. (Adv/balipost)

BAGIKAN