Ilustrasi. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Selain pola asuh orangtua, makanan yang dikonsumsi anak ketika masih kecil juga berpengaruh pada tumbuh kembang si Kecil. Maka dari itu, orang tua harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi anak dan memastikan bahwa makanan tersebut sehat.

Dilansir dari Raising Childern Australia, berikut lima makanan yang sehat untuk si Kecil :

  1. Buah dan Sayur-Sayuran

Buah dan sayuran memberi anak energi, vitamin, anti-oksidan, serat, dan air. Nutrisi yang dihasilkan dapat membantu melindungi si Kecil dari berbagai penyakit di kemudian hari, termasuk penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker. Pastikan anak mengonsumsi buah dan sayuran, termasuk buah dan sayuran dengan warna, tekstur, dan rasa yang berbeda, baik yang masih segar maupun yang sudah dimasak. Cuci buah untuk menghilangkan kotoran atau bahan kimia, dan biarkan kulitnya jika bisa dimakan karena kulit buah juga mengandung nutrisi.

Baca juga:  Hindari Ketakutan, Edukasi Anak di Tengah Pandemi Melalui Dongeng

2. Makanan dengan Karbohidrat

Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat seperti roti, pasta, mie, sereal, nasi, jagung, dan oat, dapat memberikan anak energi yang mereka butuhkan untuk tumbuh, berkembang, dan belajar. Berikan makanan dengan indeks glikemik rendah, seperti pasta dan roti gandum, yang memberi anak energi yang tahan lama dan membuat mereka merasa kenyang lebih lama.

3. Susu Rendah Lemak

Berikan si Kecil olahan susu seperti susu UHT, keju, dan yoghurt. Makanan ini merupakan sumber protein dan kalsium yang baik. Anak-anak dapat mengonsumsi produk susu rendah lemak setelah usia dua tahun.

Baca juga:  Anak Pedagang Buah Sabet Dua Emas di Porprov Bali

4. Protein

Makanan kaya protein seperti daging tanpa lemak, ikan, ayam, telur, kacang-kacangan, buncis, dan tahu, juga berperan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otot anak. Makanan tersebut juga mengandung vitamin dan mineral bermanfaat lainnya, seperti zat besi, zinc, vitamin B12, dan asam lemak omega-3. Zat besi dan asam lemak omega-3 dari daging merah dan ikan sangat penting untuk perkembangan dan pembelajaran otak anak.

Baca juga:  Penerapan FDS di SMPN 3 Bangli Dikaji

5. Air Putih

Air merupakan minuman yang paling sehat untuk anak-anak. Air mengandung fluoride untuk menguatkan gigi. Berikan anak air putih agar tidak dehidrasi dan minimalisir minuman yang memiliki warna dan rasa.

Selain membuat anak tumbuh dan berkembang dengan baik, makanan sehat juga dapat membuat si Kecil terhindar dari berbagai macam penyakit di masa depan. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *