Raja Ampat. (BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak destinasi pantai yang terkenal dengan keindahannya. Tidak hanya indah, pantai di Indonesia juga kaya dengan biota laut yang beragam.

Berikut tujuh pantai yang memiliki keunikan masing-masing di Indonesia.

1. Pantai Ora, Maluku

Pantai Ora terletak di Pulau Seram, Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah. Pantai ini memiliki pasir putih yang indah dengan air yang sangat jernih dan tenang. Selain itu, pantai ini kaya dengan terumbu karang, ikan, dan aneka biota laut lainnya. Di sini kamu dapat menemukan penginapan yang mengambang di atas pantai dan melakukan berbagai aktivitas air, seperti diving dan berenang.

2. Raja Ampat, Papua

Raja Ampat merupakan gugusan kepulauan yang berlokasi di bagian barat Semenanjung Kepala Burung, Pulau Papua. Perairan di kepulauan ini merupakan salah satu perairan terbaik untuk tempat diving. Di perairan ini terdapat lebih dari 540 jenis karang keras, 1.000 jenis ikan karang, 700 jenis moluska, dan biota laut lainnya. Bahkan, beberapa kawasan terumbu karang di sini memiliki kondisi yang masih sangat baik.

Baca juga:  Soal Otoritas Pariwisata Khusus untuk Bali, Ini Komentar Wagub Cok Ace

3. Pantai Ngurtafur, Maluku

Pantai Ngurfatur terletak di Pulau Woha, Maluku Tenggara. Ngurfatur sendiri terdiri dari dua kata, yaitu ngur yang artinya pasir dan tafur berarti timbul. Seperti namanya, Pantai Ngurfatir memiliki hamparan pasir timbul yang memanjang sekitar 2 km, yang akan timbul saat air laut surut, sehingga membelah lautan menjadi dua bagian.

4. Pantai Kolbano, Kupang

Pantai Kolbano yang berlokasi di Timor Tengah Selatan ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu hamparan kerikil di pesisir pantai. Berbeda dengan pantai lainnya, pantai ini menawarkan hamparan bebatuan licin dengan corak dan warna yang unik.

Baca juga:  Lonjakan Kasus COVID-19 Landa Buleleng, PTM Dihentikan dan Pembuatan Ogoh-ogoh Ditunda!

5. Pantai Kelingking, Nusa Penida

Pantai yang berlokasi di Nusa Penida Barat ini juga menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Bali. Salah satu spot yang terkenal adalah belahan batunya yang terlihat seperti dinosaurus. Ada beragam aktivitas yang dapat dilakukan di sini, mulai dari menyelam di Manta Point dan berinteraksi dengan ikan pari yang ada di sana, hingga melihat pemandangan di Tebing Paluang yang memiliki keindahan luar biasa.

6. Pantai Pink, Lombok

Seperti namanya, pantai ini memiliki pasir yang unik, yaitu pasir berwarna pink. Berlokasi di Lombok Timur, pantai ini sedikit tersembunyi dan jauh dari pusat kota. Warna pink pantai ini diakibatkan oleh pecahan terumbu karang yang berwarna merah bercampur dengan pasir yang berwarna putih.

Baca juga:  Kemenlu Benarkan 3 WNI Disandera di Filipina Dibebaskan

7. Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Tanjung Tinggi merupakan pantai yang diapit oleh dua semenanjung, yaitu tanjung Kelayang dan tanjung Pendam. Pantai ini berbentuk lekukan busur derajat dengan susunan batu-batu granit yang ada di dua sisi pantai. Pengunjung dapat menikmati pasir putih dan airnya yang jernih. Selain itu, pantai ini juga memiliki gelombang yang kecil, sehingga cocok untuk berenang.

Nah, itu tadi pantai yang memiliki keunikan dan keindahan panorama di Indonesia. Jangan lupa untuk mengunjungi salah satunya, ya. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *