Robot Pelayanan dihadirkan Auto2000 untuk meningkatkan pengalaman dan kenyamanan pelanggan di tengah pandemi COVID-19. (BP/iah)

SEORANG wanita asing berambut pirang masuk ke showroom Auto2000 Denpasar yang berlokasi di Jl. Cokroaminoto pada Rabu (7/12). Perempuan yang datang bersama pasangannya ini pun disambut salah satu customer service. Disajikan kudapan dan minum, kemudian ditanyakan keperluannya.

Sang perempuan bule ini pun kemudian melihat sekeliling showroom yang memajang produk keluaran terbaru milik Toyota itu. Bahkan, ia sempat berselfie di salah satu sudut showroom yang memang ditata apik dan instagramable sesuai zaman.

Lain lagi pengalaman pelanggan yang berkunjung ke Auto2000 Sanur di medio Agustus. Saat itu, pelanggan tersebut berulang tahun dan sebuah robot bernama Bella Bot membawakan kue lengkap dengan lilinnya.

Sementara itu, salah seorang pelanggan Auto2000, Mariati, mengaku cukup puas dengan pelayanan yang diberikan. Ia yang sudah menjadi pelanggan setia sejak 30 tahun lalu itu, mengatakan dirinya tidak pernah ragu untuk membeli produk terbaru Toyota di Auto2000, pasalnya pelayanan yang diberikan tidak saja saat membeli, namun juga purnajualnya terjamin. “Saya sudah menjadi pelanggan Auto2000 sejak lama, sejauh ini merasa puas dengan pelayanannya. Salah satu bentuk pelayanannya itu, kalau sudah waktunya service pasti akan dihubungi untuk mengingatkan,” ungkapnya.

Seorang pelanggan menerima kue ulang tahun yang dibawakan Bella Bot saat berkunjung ke Auto2000 Sanur, Denpasar. (BP/iah)

Keramahan yang diperlihatkan Auto2000 ini menjadi angin segar di tengah pandemi COVID-19 yang melanda, khususnya bagi Bali yang terdampak parah. Bagaimana tidak, di tengah menurunnya penjualan karena daya beli masyarakat yang merosot, Auto2000 tidak menurunkan kualitas pelayanannya ke AutoFamily, sebutan bagi pelanggan setia Auto2000.

Pelayanan mereka tetap paripurna, bahkan lebih baik lagi seiring kemajuan teknologi. Contohnya saja, robot pelayanan yang meminimalkan kontak dengan pelanggan di era pandemi COVID-19 tanpa mengurangi sentuhan kehangatan yang menjadi ciri khas pelayanan ke pelanggan. Terdapat juga Tasia yang merupakan virtual assistanst Auto2000.

Baca juga:  RS COVID-19, Keterpakaian "Bed" di RSPTN Unud di Bawah 40 Persen

Auto2000 memiliki rekam jejak yang panjang di wilayah Bali. Dimulai dari Auto2000 Denpasar sebagai dealer pertama telah beroperasi sejak tahun 1976.

Sehingga memiliki pengalaman yang lengkap dalam memahami karakter dan budaya pemilik Toyota di Bali. Sejalan dengan mulai berkembangnya pasar, saat ini terdapat 6 cabang yang beroperasi, yakni Auto2000 Denpasar, Auto2000 Sanur, Auto2000 Tabanan, Auto2000 Gianyar dan Auto2000 Singaraja.

Dijelaskan Regional Business Division Head Auto2000 Jatim-Bali, Judianto belum lama ini, konsep layanan yang diusung adalah Total Ownership Experience atau layanan paripurna sehingga membuat masyarakat pencinta Toyota dapat dipenuhi seluruh kebutuhan mobilitasnya di Auto2000. “Kami berupaya sepenuh hati untuk memberikan layanan yang personal dan berkesan sehingga pelanggan merasa nyaman dan puas,” ujarnya.

Ia mengatakan salah satu bentuk layanan terbaru adalah menggunakan robot. Jenis layanan ini bisa dirasakan pelanggan yang berkunjung ke Auto2000 Denpasar dan Sanur.

Ia mengutarakan robot yang disebut Bella Bot ini mampu membantu pelayanan ke pelanggan. Diharapkan keberadaannya bisa meningkatkan engagement yang tidak terlupakan bagi pelanggan. Robot ini beroperasi di area showroom, pencatatan servis, dan ruang tunggu servis. “Tugasnya menyapa pelanggan, pemandu jalan, pramusaji, dan mengantarkan welcome drink, katalog informasi produk, peralatan makan dan minum, serta perlengkapan disinfeksi,” paparnya didampingi Kepala Cabang Auto2000 Denpasar, Suprayogi.

Baca juga:  Surati Penunggak, PDAM Gianyar Berhasil Tagih Rp 53 Juta

Ia pun mengatakan robot pelayanan ini tidak menggantikan fungsi manusia karena kemampuannya masih terbatas. Saat ini, selain di Bali, robot pelayanan juga dihadirkan di antaranya di Jakarta dan Surabaya.

Ia mengakui di tengah pandemi COVID-19, penjualan memang mengalami penurunan namun inovasi dan peningkatan pelayanan agar selalu paripurna tetap dilakukan. Selain robot, pihaknya juga menyasar pelanggan hingga ke pelosok, pihaknya juga menyediakan Auto2000 ICON.

Layanan ini menggunakan truk Toyota Dyna yang sudah dimodifikasi untuk memberikan layanan terintegrasi dari service hingga penjualan suku cadang. Selagi menunggu mobil diservice, pelanggan bisa menunggu di ruangan nyaman yang didesain mirip cafe dilengkapi AC, TV, dan tempat duduk. “Untuk di Bali, Auto2000 ICON masih sebatas untuk show unit,” jelasnya.

Auto2000 ICON merupakan upaya menjangkau pelanggan hingga ke pelosok daerah termasuk Bali. Layanan yang diberikan adalah penjualan, perawatan, perbaikan kendaraan, serta penjualan suku cadang asli Toyota sesuai standar layanan Auto2000. (BP/iah)

Penjualan Mulai Meningkat

Dalam kesempatan itu, ia mengatakan kondisi ekonomi Bali sudah mulai pulih setelah terpuruk 2 tahun dihantam pandemi COVID-19. Di penjualan mobil, pihaknya juga merasakan adanya peningkatan yang cukup menggembirakan, yakni sekitar 16-18 persen jika dibandingkan 2021. Market share Toyota saat ini disebutnya mencapai 33 persen dengan target hingga akhir tahun bisa 35 persen.

Ditambahkan Suprayogi, penjualan produk Toyota di Bali mulai menunjukkan peningkatan. Kondisi ini terjadi karena pariwisata sudah mulai bangkit dengan naiknya jumlah kunjungan wisatawan mancanegara.

Semester II diakuinya mengalami peningkatan jika dibandingkan sebelumnya. “Dibandingkan semester I, kenaikan penjualan mencapai 20 persen. Ada faktor lain juga yang mendongkrak peningkatan penjualan ini di samping sudah mulai pulihnya pariwisata, yaitu kita banyak menjalankan program, baik penjualan maupun service,” ungkapnya.

Baca juga:  All New Yaris Diluncurkan di Bali

Untuk produk yang paling diminati pada tahun ini, ia mengatakan penjualan Avanza dan Rush mengalami peningkatan. Sebab, dua produk ini bisa digunakan untuk berbisnis maupun aktivitas sehari-hari. “Sebenarnya jika dilihat per segmen, di setiap segmen, produk Toyota mayoritas hadir. Berdasarkan segmentasi, market share Toyota nomor satu,” katanya.

Seorang mekanik sedang melakukan service di bengkel Auto2000 Sanur, Denpasar. (BP/iah)

Ia juga menambahkan Auto2000 wilayah Bali memiliki layanan penjualan yang lengkap sesuai dengan standar dan ketentuan principal Toyota Astra Motor di Indonesia. AutoFamily dengan beragam kebutuhan mobilitas dapat menemukan solusinya di Auto2000. Beragam kemudahan layanan pembelian disediakan untuk semua kebutuhan mobil baru Toyota, mulai dari entry level New Agya hingga flagship New Alphard, termasuk model komersial seperti Hiace dan Hilux.

Selain itu, AutoFamily juga diberikan kesempatan untuk melakukan test drive mobil yang diminati di cabang Auto2000 Bali terdekat. Spesial untuk pembelian mobil baru Toyota, tersedia T-Care Program serta keuntungan perpanjangan Toyota Warranty (extended warranty) selama 1 tahun atau 20.000 km pada model Toyota tertentu.

Auto2000 Sanur, Denpasar menyediakan layanan perawatan express bagi pelanggannya. (BP/iah)

Melengkapi paripurnanya pelayanan, AutoFamily yang akan melakukan perawatan dan perbaikan kendaraan, baik urusan General Repair (GR) maupun Body & Paint (BP) bisa melakukannya di seluruh cabang. Di sana sudah memiliki workshop GR berfasilitas modern dan terkini sesuai standar Toyota global. Selain itu, tersedia juga armada THS – Auto2000 Home Service, dengan total armada mencapai 18 unit. Layanan ini untuk mencover seluruh area Bali, khususnya yang areanya jauh dari Cabang Auto2000. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN