Wuryanto A.MD, SE., AKT. (kiri) dan Triyana Anom, menjelaskan tentang situasi industri otomotif Bali di 2024, Selasa (23/1). (BP/kmb)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pelaku industri otomotif Bali berharap Pemilu 2024 yang berlangsung 14 Februari bisa berlangsung aman. Sebab, ekonomi Bali baru mulai pulih dihantam pandemi. Demikian disampaikan pelaku industri otomotif Bali, Wuryanto A.MD, SE., AKT., dan Triyana Anom, Selasa (23/1).

Menurut Triyana Anom, penjualan produk otomotif di 2023 mengalami peningkatan, bahkan jika dibandingkan dengan sebelum pandemi COVID-19. “Jika kita bandingkan dengan 2019, tahun sebelum COVID-19 melanda, penjualan kendaraan di 2023 mengalami peningkatan,” ungkap Triyana yang merupakan Branch Manager Auto2000 Sanur ini.

Ia mengutarakan penjualan mobil semua merek di 2023 bisa mencapai 2.800 unit per bulan. Sementara di 2019, penjualan di kisaran 2.500 unit. “Ini artinya, penjualan mobil di Bali mengalami peak-nya pada 2023 lalu,” sebutnya.

Baca juga:  Bali's Train, Governor Wants Locals to Give Opinion

Di Januari ini, penjualan mobil disebutnya masih cukup baik. Terdapat kenaikan bila dibandingkan Januari 2023.

Ia pun optimis jika penjualan mobil akan mengalami peningkatan di 2024 ini. Dengan catatan, Pemilu berlangsung aman. “Mudah-mudahan Pemilu berlangsung aman. Kalau suasananya kondusif, industri otomotif akan tumbuh positif dan mengalami peningkatan,” sebutnya.

Harapan sama juga disampaikan Wuryanto. Pria yang akrab disapa Ryan ini mengutarakan seiring membaiknya perekonomian Bali, ia optimis penjualan otomotif juga ikut terdongkrak. Namun, kondisi ini harus dibarengi dengan kondusifnya situasi di tahun politik.

Baca juga:  Bali’s Economy Relies on Migrant Residents

Disebutkannya, penjualan roda 4 saat ini menunjukkan tren positif. Guna mendongrak penjualan di awal tahun, pihaknya pun menggelar Toyota Expo di Trans Studio Mall selama 5 hari, 24 – 28 Januari yang menampilkan sejumlah produk unggulan Toyota.

Terkait permintaan, ia mengatakan mobil dengan jenis sport utility vehicle (SUV) medium yang irit BBM cukup diminati. Salah satunya, All New Yaris Cross.

Dikatakan Area Business Head Auto2000 Bali ini, mobil dengan 6 pilihan model tersebut sangat sesuai dengan medan jalan di Bali. Terlebih, mobil ini juga memiliki model hybrid electric vehicle. “Seiring membaiknya perekonomian Bali dan tren penggunaan mobil ramah lingkungan, mobil ini cukup diminati,” ujarnya.

Baca juga:  Pariwisata Pulih, Permintaan Mobil Alami Peningkatan

All New Yaris Cross untuk pasar Indonesia memiliki 6 pilihan tipe. Mulai dari tipe 1.5 G M/T, 1.5 G CVT, 1.5 S CVT, 1.5 S CVT with GR Parts Aero Package, bersama dengan varian Hybrid EV yakni 1.5 S HV CVT dan 1.5 S HV CVT with GR Parts Aero Package sebagai flagship model.

Seluruh tipe All-New Yaris Cross memiliki pilihan 7 warna mono-tone serta 3 warna dual tone yang bisa dipilih sesuai dengan selera pelanggan. Selain itu, beberapa tipe juga memperoleh sematan GR Aero Package yang membuatnya tampil outstanding karena lebih sporty dan dinamis dari sisi styling. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN