PT Toyota-Astra Motor (TAM) melalui Agung Toyota dan Auto2000 selaku authorized founder dealer Toyota memperkenalkan dua model All New Agya untuk dua segmen berbeda. (BP/iah)

DENPASAR, BALIPOST.com – PT Toyota-Astra Motor (TAM) melalui Agung Toyota dan Auto2000 selaku authorized founder dealer Toyota memperkenalkan dua model sekaligus di dua segmen berbeda. Yaitu All-New Astra Toyota Agya untuk mendukung mobilitas first-user terhadap mobil pertama yang dapat diandalkan dan Toyota Agya GR Sport yang ditujukan bagi pelanggan berjiwa sporty yang menginginkan mobil dengan performa seperti sebuah sports car.

Menurut Project GM Fleet Toyota Astra Motor, Diky Zulkarnaen, All-New Agya merupakan bentuk komitmen Toyota dalam menjalankan visi continuous improvement terhadap produk yang dipasarkan di Indonesia dan menghadirkan ever-better cars dalam memenuhi kebutuhan pelanggan yang berkembang. Termasuk untuk para sporty seeker dan motorsport enthusiast dengan memberikan performa dan handling yang superior pada All-New Agya GR Sport.

“Sejalan dengan komitmen Mobility for All, Toyota meningkatkan value yang menjadi keunggulan hatchback ini dengan menyematkan teknologi terkini Toyota berdasarkan konsep canggih human-centered approach,” ucapnya Jumat (17/3) saat pengenalan All-New Astra Toyota Agya dan Toyota Agya GR Sport di Denpasar.

Baca juga:  All New Agya Dihadirkan di Indonesia

Selain menjawab kebutuhan pelanggan, lanjutnya, kehadiran perdana Agya menjadi bagian dari partisipasi aktif Toyota dalam mendukung inisiatif positif pemerintah untuk memberikan pilihan mobilitas baru. Dengan memproduksi mobil yang secara khusus dikembangkan berdasarkan kebutuhan yang mudah di akses oleh masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah Bali sendiri.

Seiring waktu, Agya berhasil memikat hati pelanggan bermodalkan tiga DNA utama yaitu kualitas yang dapat diandalkan, konsumsi bahan bakar yang hemat, serta harga yang terjangkau. Secara nasional Agya telah menjawab kebutuhan mobilitas lebih dari 320.000 pelanggan.

Di Provinsi Bali, penjualan telah mencapai 1.132 unit sejak 2020 hingga saat ini. “Seiring dengan evolusi trend dan lifestyle, kami melihat ada perkembangan kebutuhan masyarakat yang tidak hanya mencari mobil berdasarkan harga jual yang terjangkau. Banyak calon pelangan yang mendambakan mobil dengan kualitas dasar yang lebih baik, fitur yang advanced, tampilan yang sporty dan performa yang mumpuni,” paparnya.

Untuk menjawab kebutuhan ini, di generasi ke-2 Agya tidak menghanya hadirkan 1 namun 2 model sekaligus. Bagi yang mencari mobil yang exciting dan memberikan peace of mind, disiapkan All-New Agya. Dan bagi para sporty seekers, ada All-New Agya GR Sport, yang dibekali dengan special tuning di beberapa bagian sehingga menghadirkan performa dan handling yang superior. ‘Kami harap kedua model ini dapat memenuhi kebutuhan di masing-masing segmen, sejalan dengan komitmen kami untuk menghadirkan Mobility for All.” kata Albert Kwok, SSP Toyota Astra Motor.

Baca juga:  Satgas Covid-19 Buleleng Laporkan Satu Kasus Kematian

All-New Agya mendapatkan improvement menyeluruh untuk meningkatkan efisiensi mesin dan menghemat bensin, dan juga menawarkan dan performa yang lebih baik. Agya dilengkapi dengan mesin baru berkode WA-VE dengan kubikasi 1.200 cc 3-silinder Dual VVT-i yang menghasilkan tenaga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 11,52 Kgm pada 4.500 rpm.

Penerus tenaga mesin ke roda depan menggunakan transmisi CVT yang lebih ringkas, kompak, dan efisien. Mesin 3-silinder memiliki keunggulan dan kelebihan, yakni efisien dalam mengolah bahan bakar sehingga konsumsi bensin lebih hemat dan memproduksi torsi lebih tinggi dibandingkan mesin 4-silinder dengan volume sama.

Karakter torsi kuat yang didapatkan sejak putaran mesin rendah tersebut memberikan akselerasi lebih cepat dan sigap dari model sebelumnya tanpa mengorbankan konsumsi bahan bakar. Transmisi CVT baru turut menyumbang efisiensi mesin saat berkendara.

Baca juga:  Korupsi Dana Aci, Oknum Pejabat Disbud Tersangka

Mempertegas konsep “Exciting City Car”, platform monocoque dikembangkan bersama suspension system yang sanggup meredam guncangan dengan lebih baik dan fleksibel terhadap kondisi jalan Indonesia yang dinamis. Handling Agya juga jadi lebih lincah, stabil, dan peluang body roll yang lebih kecil, sehingga meningkatkan driving quality.

Sementara untuk All-New Agya GR Sport, telah ditingkatkan perannya untuk tidak hanya mempertahankan gaya sporty-nya, namun juga menguatkan feeling sport-nya. Penyetelan khusus telah diterapkan untuk meningkatkan performa dan handling, membuat pengalaman berkendara semakin menyenangkan.

Untuk memberikan tampilan yang lebih sporty, model ini dibekali dengan aero kit dipasang pada eksterior dengan tujuan bahkan membantu meningkatkan aerodinamika sporty hatchback yang sudah lebih baik dari generasi sebelumnya. Penambahan downforce kendaraan membuatnya dapat bermanuver dengan stabil dan lincah tanpa khawatir kehilangan kendali. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN