Upacara Rsi Gana digelar di Pura Tuluk Biyu Batur, Desa Adat Batur, Kintamani, Jumat (7/10). (BP/Istimewa)

BANGLI, BALIPOST.com – Serangkaian karya pujawali ngusaba purnamaning sasih kapat, digelar upacara Rsi Gana di Pura Tuluk Biyu Batur, Desa Adat Batur, Kintamani, Jumat (7/10). Tujuan pelaksanaan upacara Rsi Gana untuk membersihkan buana agung dan buana alit.

Ketua Prawartaka Karya, I Ketut Sudana mengatakan upacara Rsi Gana dipuput Ida Bujangga Rsi Pancaka Tirta dari Griya Mandala Giri Bangli. Sejumlah tarian mengiringi upacara tersebut seperti Baris Jojoran, Baris Gede, Baris Perisi, Baris Bajra, Baris Dapdap, dan Rejang yang dibawakan masyarakat Batur.

Baca juga:  Terbengkalai Puluhan Tahun, Begini Penampakan Kolam Renang Segening

Juga ada Wayang Kulit dan Primbon Sidakarya dari Yayasan Kedatuan Taman Magenda, Payangan, Gianyar. Sesuai dudonan karya, puncak karya Pujawali Ngusaba Purnamaning Sasih Kapat di Pura Tuluk Biyu Batur akan berlangsung Senin (10/10) bertepatan purnama. Sehari sebelum puncak karya, yakni pada Minggu (9/10) akan dilaksanakan upacara Ida Bhatara Bhatari Katuran Bhakti Pengodal dan pesucian serta Bakti Mapepada Wewalungan.

Sementara upacara penyineban dilaksanakan Selasa (18/10). Karya Ngusaba di Pura Tuluk Biyu Batur akan berlangsung hingga Selasa (25/10).

Baca juga:  Pujawali di Pura Pasar Agung Digelar 3 Hari, Ini Rangkaian Acaranya

Sudana berharap seluruh umat Hindu dapat tangkil ngaturang bhakti ke Pura Tuluk Biyu Batur selama karya berlangsung. Melalui pelaksanaan karya pujawali ini diharapkan jagat Bali dan seisinya selalu diberikan keselamatan dan kesejahteraan. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *