Wisatawan berjalan kaki di pedestrian di Penelokan, Kintamani. (BP/Istimewa)

BANGLI, BALIPOST.com – Jalur pedestrian di kawasan Penelokan, Kintamani segera ditata. Pemkab Bangli telah menyiapkan Rp 9,8 miliar untuk membiayai kegiatan penataan itu. Kegiatan penataan akan dilakukan pada APBD perubahan tahun ini. Saat ini kegiatan tersebut sudah masuk tahap tender.

Sesuai perencanaan, panjang jalur pedestrian yang bakal ditata sekitar 3,8 kilometer. Mulai dari obyek wisata Penelokan hingga simpang tunon Batur. Penataan hanya dilakukan pada satu sisi jalur pedestrian yakni di sisi timur jalan. “Tidak ada pelebaran, hanya ditata ulang,” kata Dede Agusta Sastrayana selaku PPK kegiatan tersebut, Jumat (30/9).

Baca juga:  Polres Bangli Mengerahkan Ratusan Personel ke Kintamani, Ini Jadi Atensi

Selain ditata ulang, jalur pedestrian tersebut juga akan dipasangi lampu. Disebutkan Dede, jumlah lampu yang dipasang sekitar 56 unit. “Rencana akan dipasangi lampu jamur. Seperti yang di Gianyar,” katanya.

Penataan jalur pedestrian di Kintamani dilakukan dengan tujuan untuk memberikan ruang terbuka bagi masyarakat dan wisatawan menikmati keindahan panorama gunung batur dari jalur pedestrian. Sekaligus menambah estetika di kawasan wisata itu.

Baca juga:  Tersangkut 1 Kg Sabu, Willi Diganjar 16 Tahun Penjara

Dede mengatakan estimasi waktu yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan penataan jalur pedestrian tersebut sekitar 60 hari. Disampaikan juga bahwa sebelumnya Pemkab Bangli sudah melakukan koordinasi dengan Pemprov Bali. Mengingat jalan di sepanjang jalur tersebut statusnya milik provinsi. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN