Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak usai sertijab di Jakarta. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kodam IX/Udayana kini dipimpin pejabat baru yaitu Mayjen TNI Maruli Simanjuntak. Selama 28 tahun meniti karir di militer, Mayjen Maruli dominan bertugas di Kopassus.

Lulusan Akmil 1992 tersebut dalam perjalanan karirnya tidak hanya berprestasi di kemiliteran, juga menorehkan tinta emas di dunia olahraga khususnya olahraga bela diri Judo. Meski banyak berkecimpung di satuan tempur (Satpur), menurut Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, Maruli Simanjuntak saat berpangkat Kolonel Infanteri dipercaya menjabat sebagai Danrem 074/Warastratama di Surakarta dari 2016 hingga 2017.

Baca juga:  Warga Diminta Laporkan Barang yang Ditinggal Mengungsi

Sebagian besar melaksanakan tugas pokok bidang teritorial. Berkomitmen selalu disiplin dalam tugas menjadikan korem yang dipimpinnya meraih prestasi gemilang hingga dianugerahi gelar danrem terbaik Program Upaya Khusus (Upsus) Ketahanan Pangan Tingkat Nasional Tahun 2016. Penghargaan tersebut langsung diserahkan Kasad.

Perhatiannya bidang pertanian sudah dilakukan ketika masih bertugas di Satpur. Ketika sedang melakukan tugas di pedesaan sering mengamati dan berbincang langsung tentang berbagai hal mengenai pertanian dengan para petani.

Baca juga:  Tengah Malam, Polisi Bersenjata Turunkan Baliho dan Bendera Ormas

Di dunia olahraga, Maruli Simanjuntak menoreh prestasi sebagai atlet judo tingkat nasional maupun internasional. Saat berdinas di Kopassus, dia menjuarai kejuaraan Judo Military Asean Philipina Tahun 1997 di kelas 71 kilogram diikuti tujuh negara di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta.

Pada masa itu dia berpangkat Letnan Satu (Lettu) dan menjabat Dantim Yon 12 Grup 1 Kopassus. Maruli Simanjuntak menyabet juara 1.

Baca juga:  Buka Pariwisata Bali, Koster Tegaskan Ini yang Harus Dicapai Dulu

Lada saat itu juga meraih juara 1 di kelas bebas dan dinobatkan sebagai pemain terbaik. “Diraihnya prestasi tersebut melaui perjuangan yang sangat keras dan latihan di TC Judo Kopassus-Korea tahun 1996 sampai 1999 berlokasi di Indonesia dan Korea,” ujarnya. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.