Api -Petugas Damkar saat memadamkan api. (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Kebakaran lahan lagi-lagi terjadi di Kabupaten Karangasem. Kali ini kebakaran lahan terjadi di dua lokasi, yakni di Jalan Raya Amlapura-Singaraja, tepatnya di Banjar Dinas Tegal Langlangan, Desa Datah, Kecamatan Abang dan Bukit Asah, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, Sabtu (23/7).

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkartan) Kabupaten Karangasem I Nyoman Siki Ngurah, mengungkapkan, menerima adanya laporan kebakaran lahan itu, pihaknya langsung menerjunkan pasukan untuk melakukan pemadaman serta mencegah kebakaran semakin meluas.

Baca juga:  Sampah di Pantai Karangsewu Capai 190 Kilogram

“Untuk lahan yang terbakar di Tegal Langlangan luasnya mencapai 10 are. Air yang dihabiskan untuk pemadaman itu sebanyak 8.500 liter. Untuk penyebab kebakaran adanya pembakaran sampah yang dilakukan oleh warga setempat,” ujarnya.

Siki Ngurah, menambahkan, untuk lahan yang terbakar di Bukit Asah, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem luasnya mencapai 5 are. Air yang dihabiskan untuk melakukan pemadaman itu sebanyak 8.000 liter. “Untuk penyebab kebakaran masih belum diketahui,” katanya.

Baca juga:  Penuntutan Dugaan Korupsi Dana Hibah Dihentikan, Maki dan LP3HI Tempuh Jalur Praperadian

Dia menghimbau, kepada masyarakat supaya hati-hati melakukan pembakaran. Terlebih di lahan yang kering, karena itu akan memicu terjadinya kebakaran lahan. “Kasus kebakaran lahan disebabkan warga membakar sampah sudah sering terjadi. Jadi, kita himbau warga tidak melakukan pembakaran sampah sembarangan untuk mengantisifasi hal tersebut kembali terjadi,” imbaunya. (Eka Prananda/Balipost).

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *