Nakes dan petugas TNI/Polri melakukan tracing di Nusa Penida. (BP/Istimewa)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Di tengah isu naik kasus Covid-19 lagi, seluruh Satgas Covid-19 Kabupaten Klungkung, juga mulai meningkatkan upaya antisipasi. Informasi adanya satu warga yang terkonfirmasi COVID-19, segera ditindaklanjuti satgas dengan melakukan tracing, Rabu (20/7).

Petugas nakes dari Puskesmas 1 Nusa Penida bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas segera mendatangi lokasi untuk melaksanakan tracing dan swab antigen terhadap warga yang sempat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi Covid-19, di Dusun Adegan, Desa Ped Nusa Penida. Ini sudah menjadi SOP petugas nakes setempat, ketika ada kasus seperti ini. Sehingga mempercepat proses penanganan dan pencegahan penularan.

Baca juga:  Arak Trofi Kalpataru

“Nakes segera lakukan tracing serta swab antigen kepada 6 orang warga yang sempat kontak erat. Kami tetap mengawal dan memastikan seluruh proses berjalan lancar,” kata Babinsa Desa Nusa Penida Sertu I Komang Suwina saat dihubungi, usai menerima informasi adanya warga yang terkonfirmasi COVID-19 di wilayah tugasnya.

Setelah dilakukan swab antigen, hasilnya sudah diketahui negatif. Namun sebagai tindakan antisipasi, warga yang sempat kontak erat ini diarahkan untuk melaksanakan karantina mandiri selama 10 hari.

Baca juga:  Belasan Pasien COVID-19 Dirawat RSUD Klungkung

Selanjutnya, setelah masa isoman selesai, mereka dipersilahkan kembali melaksanakan swab antigen, guna memastikan kondisi terbaru mereka, sebelum diberikan bebas beraktivitas.

Kepala Dinas Kesehatan Klungkung dr. Ni Made Adi Suapatni, mengatakan tracing dan swab antigen ini dilaksanakan untuk mengantisipasi meluasnya penularan COVID-19. Ini sudah menjadi standar SOP dalam penanganan kasus ini dan sudah berjalan dengan baik, selama pandemi ini.

Demi terus menekan dan meminimalisir adanya lonjakan kasus COVID-19, seluruh pihak dan tokoh masyarakat di desa, diminta agar selalu berperan aktif, baik dalam penerapan disiplin prokes maupun penelusuran kontak erat pasien COVID-19.

Baca juga:  Kunjungan Wisatawan Diklaim Meningkat, Sayangnya Picu Pelanggaran Prokes dan Diatensi Pusat

Sesuai data terbaru per 19 Juli 2022 dari Dinas Kesehatan Klungkung, sebagaimana tercantum dalam https://covid19.klungkungkab.go.id/. Total terkonfirmasi dan masih dalam perawatan, ada sebanyak 13 orang. Masing-masing kecamatan, antara lain Kecamatan Banjarangkan 4 orang, Dawan 3 orang, Klungkung 3 orang dan Nusa Penida 3 orang. (Bagiarta/balipost)

BAGIKAN