Warga yang terjaring sidak masker diberikan masker oleh petugas. (BP/Istimewa)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Tim Yustisi kembali mengintensifkan sidak masker. Sasarannya adalah pengguna jalan di jalur Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Rabu (8/9). Dalam pelaksanaan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang masih level 4 di Bali, Tim Yustisi ingin masyarakat tetap disiplin mengenakan masker.

Kasat Pol PP dan Damkar Klungkung Putu Suarta, mengatakan sidak menurunkan 17 personil Sat Pol PP, 3 personil TNI, 3 personil Polri, 1 personil Kejaksaan dan 6 staf kecamatan. Sidak menyasar warga yang beraktivitas dan melintas di Jalan Raya Banjarangkan, persis di Depan Kantor Camat Banjarangkan. “Kami ingin warga tetap disiplin prokes. Jangan lengah, untuk mencegah penyebaran COVID -19,” katanya.

Baca juga:  Tiga Warga Denpasar Dikonfirmasi Positif COVID-19, Rinciannya Seperti Ini

Hasil sidak ini, rupanya masih saja ada ditemukan warga tidak mengenakan masker. Tetapi, jumlahnya tidak banyak, hanya tiga orang. Mereka tidak dikenakan sanksi denda. “Dalam situasi sulit seperti ini, kami berusaha menyadarkan masyarakat untuk bisa taat dan ada kesadaran dari dalam diri sendiri akan pentingnya prokes. Terutama dalam pemakaian masker. Mari jadikan masker sebagai kebutuhan yang primer,” katanya.

Selain sidak masker, pelaksanaan vaksinasi juga semakin gencar. Polres Klungkung bersinergi dengan Kodim 1610/Klungkung, Pemkab Klungkung, Relawan KNPI dan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda di Kabupaten Klungkung menggelar vaksinasi  bersama Rabu (8/9). Vaksinasi bersama dipusatkan di dua tempat Banjar Gunung Hyang Kelurahan Semarapura Klod Kangin dan Balai Banjar Batur Desa Kusamba Kecamatan Dawan.

Baca juga:  Oksigen Langka, RSUD Klungkung Berhemat

Kapolres Klungkung AKBP I Made Dhanuardana,mengungkapkan vaksinasi tersebut guna mempercepat program vaksinasi nasional dan upaya pemerintah guna menekan penyebaran COVID-19 melalui program 1 juta vaksin. Ini bertujuan untuk mempercepat menuju herd immunity (kekebalan kelompok). Warga sekitar cukup antusias mengikutinya. Ini menandakan kesadaran warga terhadap pentingnya vaksin semakin tinggi.

Ia juga mengimbau masyarakat agar mengikuti vaksinasi di Gerai Vaksin TNI-Polri untuk bisa mempercepat herd immunity ini.  Sehingga bisa menekan laju penyebaran COVID-19. Kapolres juga sempat meninjau pelaksanaan serbuan vaksinasi di Puskesmas Klungkung II Desa Selat Kecamatan Klungkung. Selama pelaksanaan kegiatan vaksinasi masyarakat harus mematuhi Protokol Kesehatan. Kapolres mengapresiasi respons warga yang terlihat semakin antusias untuk mengikuti vaksinasi. (Bagiarta/balipost)

Baca juga:  Denpasar Catat Lebih Banyak Kasus COVID-19 Baru dari Pasien Sembuh
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *