Objek Pesona Bukit Lempuyang di Desa Adat Purwayu, Kecamatan Abang, Karangasem bakal ditutup sementara. Penutupan itu dilakukan karena akan digelar upacara Pujawali di area Pura Sad Kahyangan Lempuyang Luhur. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Objek Pesona Bukit Lempuyang di Desa Adat Purwayu, Kecamatan Abang, Karangasem bakal ditutup sementara. Penutupan itu dilakukan karena akan digelar upacara Pujawali di area Pura Sad Kahyangan Lempuyang Luhur.

Bandesa Purwayu, Nyoman Jati, Senin (30/5) mengungkapkan, penutupan wisata akan dilakukan selama 5 hari, terhitung mulai 8 sampai 12 Juni 2022 mendatang. “Puncak upacara Pujawali di Pura Sad Kahyangan Lempuyang Luhur jatuh pada 9 Juni 2022. Bertepatan dengan Wraspati Umanis Wuku Dunggulan,” ucapnya.

Baca juga:  "Togog Pemaon," di Pujawali Pura Dalem Munduk Bestala

Pihaknya meminta para pemandu wisata, wisatawan domestik serta mancanegara dihimbau sementara menunda kunjungan hingga selesai rangkaian upacara. Penutupan dilakukan dengan harapannya pelaksanaan upacara dapat berjalan dengan berjalan lancar, para dan pemedek yang melakukan bersembahyang tidak terganggu dan khusyuk. “Begitu juga, agar tidak terjadi penumpukan kunjungan disaat upacara. Sehingga area parkiran serta jalan digunakan khusus pemedek,” jelasnya.

Dia menjelaskan, terkait rencana penutupan pesona bukit lempuyang sudah disampaikan baik secara lisan dan surat himbauan ke wisatawan domestik serta mancanegara untuk menunda kunjungan ke pesona lempuyang. “Surat himbauan dari Adat juga telah disampaikan kepada pemandu wisata,” imbuhnya.

Baca juga:  Bali Dijadikan "Pilot Project" IP Tourism

Lebih lanjut dikatakannya, mulai saat ini Prajuru Desa Adat sudah mempersiapkan sarana prasarana untuk upacara Pujawali di Pura Sad Kahyangan Lempuyang Luhur. Mulai dari bebantenan, hingga sarana yang lainnya. (Eka Parananda/balipost)

 

BAGIKAN