Upacara pelebon Ketua Legiun Veteran Indonesia (LVRI) Kabupaten Bangli Anak Agung Gde Bagus Ardana akan digelar Sabtu (7/5). (BP/ina)

BANGLI, BALIPOST.com – Upacara pelebon Ketua Legiun Veteran Indonesia (LVRI) Kabupaten Bangli Anak Agung Gde Bagus Ardana akan digelar Sabtu (7/5). Upacara pelebon adik kandung pejuang kemerdekaan RI Kapten Anak Agung Anom Mudita dilaksanakan di Setra Banjar Adat Pande, Desa Adat Cempaga Bangli.

Putra almarhum, Anak Agung Gede Putra Temaja Ardana, Jumat (6/5) mengatakan upacara pelebon almarhum digelar dengan tingkatan utama. Anak Agung Ardana merupakan penglingsir Puri dan semasa hidupnya disucikan dan ditokohkan masyarakat.

Baca juga:  Di Bangli, KPU Temukan Ratusan Surat Suara Rusak

Sesuai tradisi di Puri Agung Bangli, upacara pelebon almarhum akan menggunakan bade tumpang 9 dan sarana petulangan berbentuk singa. Total ada 12 sulinggih yang muput seluruh rangkaian upacara pelebon almarhum dari awal hingga akhir.

Rangkaian upacara pelebon almarhum sudah dimulai sejak Rabu (4/5). Pada Jumat dilaksanakan upacara ngening, melaspas kajang, nyiramin dan munggah pelebon.

Selanjutnya pada Sabtu, rangkaian upacara yang akan dilaksanakan diantaranya mekarya bubur pirate, metetangi. Sebelum diberangkatkan ke setra, di kediaman almarhum di Puri Kilian Bangli akan dilaksanakan apel persada atau apel penghormatan jenasah yang dilaksanakan secara militer. “Karena beliau adalah veteran, ketua LVRI, jadi akan ada upacara secara militer yang dilaksanakan pukul 12.00 wita,” kata Agung Temaja.

Baca juga:  Permaisuri Raja Denpasar IX Lebar, Dipalebon 14 November

Sebagaimana yang diketahui Anak Agung Ardana tutup usia 21 Februari lalu. Pihak keluarga baru melaksanakan upacara pelebon hari ini. Selama kurang lebih dua bulan layon disemayamkan di Puri karena mengunggu hari baik. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN