Senderan rumah yang berlokasi di Banjar Dukuh, Desa Sangkan Gunung, Kecamatan Sidemen, jebol digerus hujan. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Hujan lebat yang melanda wilayah Karangasem dan sekitarnya, Sabtu (12/3) kembali memicu bencana alam. Sebuah bangunan Bale Bengong, dapur dan senderan rumah yang berlokasi di Banjar Dukuh, Desa Sangkan Gunung, Kecamatan Sidemen, jebol.

Kalak BPBD Karangasem, IB Ketut Arimbawa, mengungkapkan, bencana alam tersebut terjadi sekitar pukul 16.00 WITA. Sebelum kejadian, wilayah tersebut memang sempat diguyur hujan lebat beberapa jam.

Baca juga:  Jalan Tertimbun Material, Warga Abang Batudinding Minta Bantuan Alat Berat

Pemilik rumah I Nyoman Putra Yasa menderita kerugian puluhan juta rupiah. “Akibat guyuran hujan itu, bangunan Bale Bengong, dapur, dan senderan halaman belakang rumah tergerus dan jebol. Pemilik mengalami kerugian materiil hingga mencapai 80 juta rupiah,” ucapnya, Minggu (13/3).

Arimbawa, menambahkan, kalau material bangunan yang jebol tersebut juga menutup irigasi subak. Untuk penanganan atau pembersihan memerlukan bantuan alat berat dan pihaknya telah berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai.

Baca juga:  Hadiri HUT ST Satya Mukti Mayungan Baturiti, Bupati Giri Prasta Ajak Sekaa Teruna Hindari Narkoba

“Kami telah menurunkan sejumlah personil untuk melakukan assesment di lokasi kejadian. Karena material cukup besar, harus memakai alat berat,” jelasnya.

Selain bencana tanah longsor, angin kencang juga mengakibatkan pohon tumbang di Lingkungan Jasri Kelod, Desa Jasri, Kecamatan Karangasem. Akibatnya, sebuah Bale Pesandekan mengalami kerusakan.

“Selain di Jasri, bencana pohon tumbang juga terjadi di Jalan Untung Surapati. Pohon tumbang menimpa mobil terios milik warga yang sedang parkir dibawahnya yang mengakibatkan kaca depan rusak,” tutup Arimbawa. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Hujan Deras, Jalanan di Kintamani Terkelupas
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *