VP General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto (kiri) menerima Anugerah PROPER Emas untuk Pabrik Aqua Mambal, diserahkan oleh Wapres RI (tengah) didampingi Menteri LHK. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Danone-Aqua kembali menerima Anugerah Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) Kategori Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Untuk periode 2020-2021 ini, Anugerah PROPER Emas diraih oleh Pabrik Aqua Mambal, Bali.

Anugerah PROPER Emas tersebut diserahkan pada Selasa (28/12) oleh Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin kepada Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto di Istana Wakil Presiden RI Jakarta. Hadir mendampingi Wapres, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar M.Sc.

Baca juga:  Peduli Lingkungan di "Indonesia Science Day"

Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin menyatakan apresiasinya kepada dunia usaha yang telah turut berpartisipasi dalam pembangunan yang berkelanjutan. “PROPER menjadi indikasi hal tersebut, Perjalanan PROPER dari kriteria sederhana penilaian pengendalian pencemaran air, kemudian berkembang pada mengusung perbaikan yang berkelanjutan, hingga sekarang mencakup kriteria daya tanggap terhadap kebencanaan,” jelas Wapres dalam rilisnya.

Selain kategori Emas, pada kesempatan yang sama, tujuh Pabrik Aqua lainnya juga menerima Anugerah PROPER Hijau. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar M.Sc. kepada perwakilan Pabrik Aqua Mekarsari, Pabrik Aqua Babakanpari, Pabrik Aqua Subang, Pabrik Aqua Cianjur, Pabrik Aqua Citeureup, Pabrik Aqua Ciherang, dan Pabrik Aqua Klaten.

Baca juga:  Blue Carbon Jadi Prioritas Tata Kelola Ruang dan Konservasi Pesisir

Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto menjelaskan perusahaan memiliki Visi Danone yaitu One Planet One Health.
“Pabrik Aqua Mambal menjadi Industri Air Minum Kemasan pertama di Indonesia yang menerima 4 kali Anugerah PROPER Emas, dan 3 tahun terakhir ini kami menerimanya berturut-turut. Terima kasih kami sampaikan kepada semua pemangku kepentingan yang telah menjaga komunikasi dan kolaborasi selama ini,” kata Vera.

Baca juga:  Peningkatan Sampah di Denpasar Makin Tinggi, Peran Swakelola Dimaksimalkan

Di Bali, Pabrik Aqua Mambal mendorong Desa Bongkasa Pertiwi menjadi Desa Mandiri Air dengan pendekatan adat dan kearifan lokal. Beberapa upayanya adalah penyediaan infrastruktur air bersih yang melayani 2.455 jiwa yang. (kmb/balipost)

BAGIKAN