Suasana di Pelabuhan Gilimanuk. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Arus kendaraan dan orang masuk Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk mengalami peningkatan akhir pekan lalu. Selain kendaraan pribadi, bus pariwisata juga mulai padat.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk, Kompol I Gusti Putu Dharmanata, Minggu (19/12), mengatakan dari pemantauan mulai ada peningkatan arus kendaraan masuk ke Bali sejak pekan lalu. Rerata mereka tujuan wisata ke sejumlah lokasi di Bali.

Sesuai protap, Polsek Gilimanuk sejak pekan lalu mulai melakukan pengetatan pemeriksaan keluar masuk Pelabuhan Gilimanuk, baik di Pos I (pintu masuk Pelabuhan) dan Pos II (pintu keluar Pelabuhan). Khususnya, berkaitan dengan syarat pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN).

Baca juga:  Jembrana Laporkan Tambahan Warga Tertular COVID-19, Seluruhnya Alami Gejala Ini

Berkoordinasi dengan instansi terkait khususnya KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) Wilker Gilimanuk. “Memang mulai ada peningkatan, terutama akhir pekan,” kata dia.

Untuk syarat PPDN, katanya, sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri, wajib sudah vaksinasi COVID-19 dosis II (dosis lengkap) dan rapid antigen 24 jam. Termasuk penggunaan PeduliLindungi.

Diprediksi peningkatan ini terjadi hingga beberapa hari ke depan menjelang Natal dan Tahun Baru. Untuk kepolisian, pemeriksaan juga terkait barang dan orang di samping prokes PPDN.

Baca juga:  Bantuan Personil Satpol PP Ditarik dari Gilimanuk, Suket Rapid Test Masih Wajib

Pengamanan Pelabuhan Gilimanuk, selain dari kepolisian juga melibatkan instansi terkait. Termasuk KKP untuk kesehatan, khususnya syarat PPDN. Pengamanan juga dibackup dari TNI dan Satpol PP. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN