Pura Pasar Agung Besakih. (BP/Dokumen)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Pelaksanaan Atur Piuning Aci Buda Wage Ukir di Pura Pasar Agung, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Karangasem tetap dilaksanakan. Upacara menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam upaya penyebaran COVID-19.

Seksi Publikasi Pura Pasar Agung, I Wayan Suara Arsana, Senin (13/9) mengungkapkan, persiapan telah dilakukan untuk menyambut pelaksanaan upacara tersebut. Dalam persiapan pihaknya melibatkan krama desa adat. “Krama sudah ngayah untuk mempersiapkan segala sarana upacara,” ucapnya.

Baca juga:  Untuk Pertama Kali Sejak Erupsi dan Pandemi, Pujawali di Pura Pasar Agung Besakih Digelar Lebih Lama

Suara Arsana, mengatakan, pelaksanaan upacara Atur Piuning Aci Buda Wage Ukir hanya sehari saja, yakni dari pagi sampai sore harinya. Keputusan itu diambil mengingat sampai saat ini masih dalam situasi pandemi covid-19. “Puncak upacara jatuh pada hari Rabu (15/9) nanti. Para pengayah tetap menerapkan prokes secara ketat, salah satunya tetap memakai masker dan hand sanitizer,” katanya.

Dia menjelaskan, bagi para pemedek yang hendak bersembahyang ke Pura Pasar Agung supaya ngayat/ngubeng dari merajan masing-masing. “Kita tidak melibatkan pemedek secara umum karena masih situasi pandemi COVID-19,” jelas Perbekel Desa Amerta Bhuana Selat itu. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *