Puri Carangsari, Desa Carangsari, Petang mengelar upacara palebon pengelingsir Puri Carangsari I Gusti Ngurah Putu Darmika, Jumat (6/5) ini. (BP/par)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Puri Carangsari, Desa Carangsari, Petang mengelar upacara palebon pengelingsir Puri Carangsari I Gusti Ngurah Putu Darmika, Jumat (6/5) ini. Pelebon dengan Bade bertingkat/tumpang sembilan ini menjadi satu dengan palebon keponakan dari almarhum yakni Anak Agung Ngurah Wira Negara yang meninggal tiga minggu setelahnya.

Masyarakat adat setempat sejak pagi terlihat memenuhi areal puri. Bahkan, akses jalan menuju Petang ditutup dan dialihkan ke jalan alternarif. Dalam prosesi pelebon ini, kedua layon almarhum akan diantarkan menggunakan satu bade yang sama.

Baca juga:  Manis Kuningan, Tambahan Kasus dan Korban Jiwa COVID-19 di Bali Naik dari Sehari Sebelumnya

Anak ke-6 Pengelingsir Puri Carangsari AA Ngurah Bagus Suarmandala mengatakan, awalnya pelebon akan dilaksankan untuk ayahnya saja. namun setelah membuat kesepakatan, pemilihan hari baik, dan dudonan karya pelebon, ternyata salah satu saudaranya juga berpulang. Sehingga Puri Carang Sari pun menadakan pertemuan kembali untuk membahas prosesi pelebon untuk almarhum AA Ngurah Wira Negara.

“Dari pertemuan keluarga itu disepakati bahwa pelebon akan dilaksanakan di hari yang sama dengan menggunakan bade yang sama juga. Apalagi yang mantuk (berpulang) kedua itu merupakan kakak tertua kami di Puri. Jadi kami anggap almarhum kakak diajak oleh bapak,” ujar Gung Bagus saat ditemui di lokasi. (Parwata/balipost)

Baca juga:  Badung Serahkan Bantuan Sembako Tahap I ke 3.819 KPM
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *