Tangkapan layar seekor rusa berlarian di sekitar Pelabuhan Gilimanuk. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Petugas dari Taman Nasional Bali Barat (TNBB) telah menindaklanjuti seekor rusa yang berkeliaran di luar kawasan dekat Pelabuhan Gilimanuk, Sabtu (28/8) sore. Oleh petugas, rusa yang sempat berlarian di areal Terminal Gilimanuk (dekat Pelabuhan) ini digiring masuk kawasan TNBB yang berbatasan dengan Gilimanuk.

Kepala Balai Taman Nasional Bali Barat, Agus Ngurah Krisna, Minggu (29/8) pagi mengatakan petugas langsung turun untuk pencarian rusa yang berkeliaran di kawasan Pelabuhan Gilimanuk. Satwa tersebut akhirnya bisa digiring kembali masuk kawasan yang merupakan habitatnya.

Baca juga:  Penuhi Komitmen, Bupati Giri Prasta Serahkan HGB ke Banjar Lebah Pangkung Mengwi

“Pemantauan terakhir rusa tersebut tidak dijumpai lagi di Gilimanuk, jadi kemungkinan sudah masuk kembali ke hutan,” terangnya.

Kelurahan Gilimanuk yang mencakup Pelabuhan, berbatasan dengan kawasan TNBB terutama di Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) wilayah I Cekik dan SPTN II, Buleleng. Sebaran satwa masuk ke permukiman warga di sekitar SPTN sangat memungkinkan terjadi. Termasuk sebaran Burung yang menjadi satwa dilindungi di TNBB, Curik Bali.

Baca juga:  Jelang Nyepi, Kendaraan Keluar Bali Naik 100 Persen

Sebelumnya, warga dan petugas di sekitar Pelabuhan Gilimanuk, Sabtu (28/8) sore dikejutkan adanya seekor rusa yang berlarian liar di dekat Pelabuhan. Rusa terlihat berlarian di dalam areal Terminal Gilimanuk dan ketakutan ketika dihalau warga.

Warga tak berani menangkap, karena diyakini satwa ini berasal dari TNBB. Kemungkinan tersesat hingga masuk ke permukiman warga. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *