Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Daeng Mohammad Faqih. (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Wacana Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk memberikan paket obat gratis COVID-19 mendapat apresiasi dari Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng Mohammad Faqih. “Ini langkah yang baik karena banyak isoman (yang isolasi mandiri) yang butuh pendampingan dan butuh obat-obat yang dibutuhkan,” kata Daeng, dikutip dari kantor berita Antara, Selasa (13/7).

Daeng menuturkan selain mendapat bantuan obat, yang penting juga adalah orang-orang terinfeksi COVID-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri itu turut mendapat pendampingan oleh tenaga kesehatan minimal melalui telemedis atau telekonsultasi.

Baca juga:  KKI Desak Segera Publikasi Obat Sirop Kandung Bahan Berbahaya

Sementara itu, Ketua Umum Perkumpulan Dokter Indonesia Bersatu (PDIB) James Allan Rarung menuturkan hal yang paling penting dan tidak boleh dilupakan adalah para pasien yang mendapatkan paket obat COVID-19 gratis tersebut tetap harus menyelesaikan masa isolasi mandirinya. “Jadi tidak bisa beranggapan bahwa karena sudah mendapat obat tersebut, maka tidak perlu lagi menyelesaikan masa isolasinya,” ujar James.

Kemudian, setelah masa isolasi mandiri berakhir, mereka harus selalu menjalankan protokol kesehatan saat beraktivitas kembali di tengah masyarakat.

Baca juga:  Pusat Budaya di Gunaksa Klungkung

Sebelumnya, Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Presiden Joko Widodo telah memutuskan untuk membagikan 300 ribu paket obat terapi COVID-19 kepada pasien tanpa gejala (OTG) dan bergejala ringan pada Rabu (14/7) pekan ini.

Luhut mengatakan paket obat tersebut akan menjangkau 210 ribu kasus aktif pasien COVID-19. Aparat TNI akan turut terlibat untuk menyalurkan paket obat penanganan COVID-19 itu. “Ini akan diberikan oleh nanti TNI bersama-sama elemen-elemen yang lain, prosedurnya sudah disusun sehingga itu bisa jalan juga,” ujarnya. (Kmb/Balipost)

Baca juga:  Dibantu Pelatihan dan Modal BRI, Wanita Ini Sukses Bisnis Kerupuk Daun Bambu

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *