Suasana PPDB SMP di Tabanan sebelum pandemi melanda. (BP/Dokumen)

TABANAN, BALIPOST.com – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2021 untuk jalur prestasi, afirmasi, dan jalur perpindahan orangtua dimulai sejak Senin (21/6). Selama tiga hari, prosesnya telah berjalan dengan lancar dan masuk tahap verifikasi.

Yang paling diminati, bahkan hingga melebihi kuota adalah pendaftar dari jalur prestasi di beberapa sekolah yang dianggap “favorit”. Di 4 SMPN negeri di Tabanan dan Kediri,  sampai Rabu (23/6), pelamar jalur prestasi mencapai ratusan, sedangkan kuota hanya puluhan.

Seperti yang terjadi di SMPN I Tabanan, untuk jalur prestasi , jumlah yang mendaftar sebanyak 253 orang. Sementara kuota hanya 53 orang saja.

Baca juga:  Lulusan SD di Denpasar Capai 13 Ribu, Kuota 14 SMP Negeri Hanya Segini

Menurut Kepala  SMPN I Tabanan I Wayan Widarsa, pelamar sebanyak 233 orang lewat raport, seni 10 orang dan olahraga 10 orang. “Dengan kuota yang hanya 53 orang, maka sebanyak 200 pendaftar jalur prestasi dipastikan tidak bisa diterima,” ungkapnya.

Begitupun dengan jalur perpindahan orangtua. Dari kuota 17 orang, jumlah siswa yang melamar sebanyak 34 orang.

Sebanyak 17 orang atau 50 persen dari pelamar tidak akan bisa diterima. “Sementara dari jalur afirmasi atau siswa miskin, dari kuota 53 orang yang mendaftar hanya 14 orang. Sisanya 39 akan masuk ke jalur zonasi,” katanya lagi.

Baca juga:  Mabuk, Pemuda Bacok Rekan Kerja

Sementara itu kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan I Made Darmawita ketika dikonfirmasi menambahkan  di semua sekolah di Kota Tabanan dan Kediri, pendaftar jalur prestasi memang membludak. Baik di SMPN 1, 2, dan 3 Tabanan serta SMPN 1 Kediri. “Memang dari tahun ke tahun, jalur prestasi pasti membludak,” sebutnya.

Selain SMPN I Tabanan yang banyak diserbu, kondisi serupa juga terjadi di SMPN 2 Tabanan. Dari kuota jalur prestasi sebanyak 44 kursi, yang mendaftar sebanysak 96 orang.

Sehingga, akan ada sebanyak 52 orang siswa tidak bsia ditampung. Sementara jalur afirmasi dari kuota  44, pendaftar sebanyak 19 orang. Untuk di jalur perpindahan orangtua, pendaftar sebanyak 8 orang  kurang dari kuota sebanyak 13 orang.

Baca juga:  Kunjungan Masih Minim, Puluhan Kios Souvenir di Tanah Lot Pilih Tutup

Di SMPN 3 Tabanan, pendaftar jalur prestasi sebanyak 23  orang dari kuota 19, jalur afirmasi hanya lima pendaftar dengan kuota 23, dan jalur perpindahan hanya tiga orang dari kuota enam. Di SMPN 1 kediri jumlah pendaftar jalur prestasi 53 orang dari kuota hanya 39 orang. Jalur afirmasi hanya 32 dan jalur perpindahan pendaftar sebanyak 13 orang sama dengan kuota yang dicari.

“Pengumuman akan dilakukan Jumat (25/6),”  jelasnya. (Puspawati/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *