Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk Rumah Bincang Inspirasi melalui aplikasi zoom, Sabtu (5/6). (BP/Istimewa)

BOGOR, BALIPOST.com – Pendidikan adalah sarana untuk meningkatkan kehidupan yang lebih baik. Oleh karena itu, semua orang yang mendapatkan kesempatan mendapatkan akses pendidikan tinggi harus selalu bersyukur dan fokus pada apa yang dilakukan guna mencapai tujuan yang diharapkan.

Demikian pesan kuat yang disampaikan Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional, Dr Aqua Dwipayana. Aqua menjadi pembicara di hadapan lebih dari 150 mahasiswa pada kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk Rumah Bincang Inspirasi melalui aplikasi zoom, Sabtu (5/6).

Penulis buku Trilogi The Power of Silaturahim itu untuk kesekian kalinya tampil “satu layar” bersama putra bungsunya Savero “Ero” Karamiveta Dwipayana. Ero merupakan Staf Bidang Komunikasi Sosial Politik dan Masyarakat (Komsospolmas) Tim Komunikasi Publik Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Dalam paparannya, doktor Komunikasi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) tersebut bercerita latar belakang kehidupannya. Hal itu dimulai dengan perjuangannya yang berasal dari keluarga tidak mampu hingga menjadi Pakar Komunikasi dan kemudian sangat aktif dalam banyak kegiatan sosial.

Baca juga:  Saat Pandemi COVID-19, Debitur Lancar Kembalikan Hutang ke BPD Bali Cabang Utama Denpasar

“Apa yang hendak saya sampaikan dengan pemaparan ini adalah bahwa adik-adik mahasiswa jangan pernah minder atau marah atas kondisi yang adik-adik alami saat ini seandainya lahir dari lingkungan keluarga yang tidak berada. Justru hal itu harus menjadi tantangan bagi kita untuk terus berjuang mencapai kehidupan yang lebih baik. Dalam hidup ini tidak ada yang tidak mungkin. Yang terpenting adalah tekad, keyakinan, dan fokus pada apa yang kita kerjakan,” tegas Dr Aqua dalam rilis yang diterima.

Salah satu “tool” atau cara agar kita bisa menapaki tangga kesuksesan, lanjut Staf Ahli Ketua KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik ini adalah memperbaiki diri dan meningkatkan kemampuan komunikasi. Caranya dengan selalu bersikap rendah hati dan santun.

Baca juga:  Industri Jasa Keuangan Diingatkan Kedepankan Kejujuran Beriklan

Dr Aqua juga menekankan bahwa siapapun harus menjaga kebersihan hati, kemudian selalu menjaga komunikasi yang baik dengan siapapun, serta berkomunikasi dengan empati. “Jadilah teladan dalam partisipasi dan kontribusi, tinggalkan ego jadilah ‘hero’. Anda punya ide apapun untuk kebaikan jangan ragu untuk menyampaikan dan jangan takut gagal,” pungkas Dr Aqua.

Jangan Ragu Bermimpi

Sementara itu, Savero Karamiveta Dwipayana yang merupakan putra bungsu Dr Aqua menyampaikan materi yang juga sangat menarik. Ia mengatakan sebagai bagian dari kaum muda selalu berprinsip “Saying ‘Yes’ Before Knowing ‘How’”.

Hal itu bermakna bahwa sebagai kaum muda harus selalu meniatkan diri untuk mencoba apapun, sepanjang hal itu positif untuk menempa diri. Manfaatnya pasti besar buat orang yang konsisten melakukannya.

Baca juga:  Ini, Tambahan Kasus COVID-19 Nasional Per 26 Juli

“Jadi kalau ada yang meminta kita untuk mengerjakan sesuatu katakan saja kita bisa melakukan. Nanti ada proses yang bisa kita jadikan pelajaran sehingga menjadi pengalaman. Nanti setelah kita memetik pengalaman dari proses itu maka kita akan bisa menentukan opsi mana yang bisa kita lakukan dan mana yang tidak,” ujar mahasiswa semester VIII Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) Jatinagor, Sumedang, Jawa Barat tersebut.

Kegiatan  diselenggarakan oleh Yayasan Pondok Inspirasi Bogor yang dikemas dalam event bertajuk Ruang Bincang Inspirasi. Kegiatan ini menurut pendiri Yayasan Pondok Inspirasi yang juga menjadi moderator acara tersebut Rico Juni Artanto  dirancang untuk membangun motivasi mahasiswa agar mengenali potensi dan mempersiapkan diri menjadi pemuda yang tangguh. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *