Warga memperoleh suntikan vaksin COVID-19. (BP/bit)

TABANAN, BALIPOST.com – Program vaksinasi jadi jurus terbaru pemerintah dalam menekan angka penyebaran kasus Covid-19. Setelah menuntaskan target 50 ribu dosis vaksin AstraZeneca pada Senin (24/5), Satgas kabupaten Tabanan kembali memperluas jangkauan sasaran vaksinasi.

Dua desa disasar, yakni Desa Sudimara dan Denbantas. Ini dilakukan setelah Tabanan kembali menerima tambahan vaksin AstraZeneca sebanyak 25 ribu dosis. Pelaksanaan vaksinasi berbasis banjar di dua desa tersebut mulai digelar, Kamis (27/5).

Baca juga:  Tabanan Rampungkan Vaksinasi Dosis 2 di Tiga Desa Kawasan Wisata

Kepala Dinas Kesehatan Tabanan, dr. I Nyoman Suratmika mengatakan, untuk di Desa Sudimara dari total sasaran 5.476 orang, yang disasar 5.059 orang. Mereka dibagi dalam 10 pos pelayanan.

Ia menjelaskan 408 sasaran sudah mendapatkan vaksinasi, baik itu di Fasyankes maupun bersifat kolektif seperti perusahaan dan lainnya.

Sedangkan untuk di Desa Denbantas, jumlah sasaran 4.656 orang dibagi enam pos pelayanan. “Selain di dua desa ini, vaksin juga sudah didistribusikan ke 10 Puskemas untuk layanan vaksinasi reguler tiap harinya, jadi akan lebih banyak warga yang terjangkau,” terangnya.

Baca juga:  Dua Hari, Ribuan Warga di 3 Zona Hijau Tabanan Tervaksinasi Dosis I

Suratmika menjelaskan, vaksinasi secara bertahap akan terus dilakukan tergantung dengan ketersediaan vaksin. “Tidak mungkin semua desa sekaligus, tentu harus bertahap karena vaksin juga masih terbatas,” ucapnya.

Tak hanya mendapat tambahan vaksin AstraZeneca, sebelumnya Tabanan juga mendapatkan vaksin Sinovac untuk melanjutkan program vaksinasi tahap dua di dua desa wisata yang sempat ditunda yakni Desa Jatiluwih dan Candikuning. “Sinovac kita dapat tambahan 8.600 dosis, kita pakai untuk vaksin tahap 2 melanjutkan di Jatiluwih dan Candi kuning serta yang reguler di puskesmas,” ucapnya.

Baca juga:  Masih Siapkan Rencana Anggaran, Tabanan Tunda Jadwal Rekrutmen CPNS dan P3K

Sementara itu perkembangan kasus COVID-19 di kabupaten Tabanan belakangan mulai melandai. Data Kamis (27/5), ada tambahan 4 kasus baru dan 2 pasien telah dinyatakan sembuh. (Puspawati/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *