Nakes di Tabanan menerima vaksinasi dosis 3. (BP/Istimewa)

TABANAN, BALIPOST.com – Penyuntikan vaksin COVID-19 dosis ketiga untuk para tenaga kesehatan (nakes) di Tabanan telah dilakukan. Total sasaran nakes yang mendapatkan vaksinasi tahap ketiga ini sebanyak 3.480 orang.

Hanya saja, saat ini baru menerima 240 vial vaksin Moderna. Kepala Dinas Kesehatan Tabanan, dr. I Nyoman Suratmika mengatakan, vaksinasi dosis ke-3 untuk para nakes ini serentak diberikan di masing-masing fasilitas kesehatan (Faskes).

Saat ini, baru menerima 240 vial vaksin Moderna untuk booster nakes. Dengan total sasaran nakes yang ada, jumlah tersebut masih kurang.

Baca juga:  Warga Penarukan Antusias Ikuti "Serbuan Vaksinasi"

Karena untuk satu vial hanya bisa dipakai untuk 14 dosis atau 14 orang. Sehingga total vaksinasi dapat menjangkau 3.360 nakes.

Sementara sasaran nakes yang mendapatkan vaksinasi booster adalah 3.480 orang. “Untuk kekurangannya akan dipenuhi secara bertahap, dan vaksinasi untuk nakes juga bertahap,” ujar Suratmika, Rabu (4/8).

Dihubungi terpisah, Kepala Puskesmas Selemadeg Barat, dr Wayan Arya Putra Manuaba mengatakan, pihaknya sudah melakukan vaksinasi booster untuk nakesnya secara bergilir, mulai Selasa (3/8). Jadwal pemberian vaksinasi pun diatur agar tidak sampai menggagu pelayanan kesehatan pada masyarakat.

Baca juga:  Ini, Enam Pemicu Serangan Asma

Ada total 84 nakes yang ada di Puskesmas Selemadeg Barat, namun hanya sebanyak 74 nakes yang memenuhi syarat untuk vaksinasi. “Untuk pemberian vaksinasi kami lakukan setelah pelayanan shift pagi. Bergilir untuk antisipasi jika ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) sehingga tidak mengganggu pelayanan,” katanya

Dikatakannya, dari 84 nakes yang ada di Puskesmas Selemadeg Barat, 10 nakes di antaranya belum memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksinasi booster. Alasannya karena ada yang menderita hipertiroid, belum tiga bulan dari vaksinasi ke-2, dan juga belum 3 bulan dari terpapar COVID-19.

Baca juga:  PPKM Jawa-Bali Masih Lanjut, 98 Persen Kabupaten/kota Ada di 2 Level Ini

“Ada tiga nakes yang terpapar COVID-19 dari keluarganya dan hanya menderita gejala ringan karena sudah mendapatkan vaksinasi lengkap. Kini masih isolasi mandiri dan sekarang sudah sembuh,” ungkapnya. (Puspawati/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *