Pemain rugby Tabanan. (BP/Istimewa)

TABANAN, BALIPOST.com – Tabanan menggelar kejuaraan rugby di Lapangan Umum Pupuan bertajuk ‘KONI Tabanan Internal Tag Rugby Tournament’ pada Minggu (23/5). Oleh karena kejuaraan ini bersifat internal, maka pesertanya juga terbatas, yakni Thunder Kota Tabanan, Sangkakala Fire Rugby Club (SFRC) Pupuan, Gladiator Badung dan Stallion Seririt Buleleng.

Ketua Harian Pengkab Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) Tabanan, I Gusti Putu Wedha Astawa, di Tabanan, Kamis (20/5) menerangkan, kejuaraan hanya diikuti pemain rugby senior. Artinya, mereka berusia tamatan SMA.

Baca juga:  Pembalap Iran Dominasi Etape 3, Situs Resmi TdF 2017 Beberkan Pariwisata NTT

Gusti Wedha menyebutkan, turnamen ini mempertandingkan nomor tag rugby open putra dan putri, ditambah fun rugby tackle 7S. “Untuk nomor tackle 7S hanya bersifat fun, sebab cuma melibatkan dua tim yakni Tabanan dan Badung,” tutur Gusti Wedha.

Padahal, menurut dia, sebelumnya pada event Porprov Bali XIV di Tabanan 2019 lalu, nomor yang dipertandingkan tackle rugby 7S putra dan putri. Ia berharap, nomor baru tag rugby bisa dipertandingkan pada Porprov Bali XV/2022 nanti. “Kami ingin tiap hajatan Porprov mempertandingkan nomor rugby tackle 7S dan tag rugby,” ucap Gusti Wedha yang juga Binpres Pengprov PRUI Bali ini.

Baca juga:  Cek Tower Seluler Diduga Tanpa Izin, Satpol PP Tabanan Tak Bertemu Pemiliknya

Diakuinya, nomor rugby tackle 7S melibatkan tujuh pemain, dan jika dipertandingkan wajib mengikuti protokol kesehatan secara ketat. “Jika suasana sudah terbebas dari pandemi COVID-19, kami ingin nomor rugby tackle 7S dipertandingkan secara resmi,” ungkap dia.

Usai gelaran turnamen ini, kata dia, bakal ada agenda kejuaraan rugby yang melibatkan peserta dari kabupaten dan kota se-Bali. Rencananya, turnamen diselenggarakan seri dan berkelanjutan. “Kami ingin daerah mana yang siap menjadi tuan rumah, silahkan mengajukan diri,” terangnya. (Daniel Fajry/balipost)

Baca juga:  Cabor Rugby Merambah Karangasem
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *