Tim rugby PON Bali. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Bali meloloskan tim rugby putri di nomor rugby seven. Nomor ini hanya diikuti enam daerah, yakni DKI, Bali, DIY, Jabar, Papua, dan Aceh.

Oleh sebab itu, tim Bali yang meraup medali perak, di ajang Pra PON, target awal minimal menduduki empat besar. Pelatih rugby PON Bali Wira Ditta Lokantara, di Denpasar, Jumat (17/9) mengemukakan, sistem pertandingan setengah kompetisi dan keenam tim saling bertemu. “Untuk semifinal yang lolos peringkat empat besar. Urutan pertama jumpa peringkat keempat, dan peringkat kedua bertemu urutan ketiga,” tegasnya.

Baca juga:  Menkes Hadiri Pencanangan Imunisasi JE di Tabanan

Ia mengakui, saat ini latihan tahap akhir menjelang keberangkatan, justru fokus pada taktik dan strategi, dengan mengurangi porsi latihan fisik, termasuk menghindari cedera. “Jika anak-anak sudah lolos ke semifinal, maka harus tetap fight meladeni lawan tim mana pun. Selanjutnya, kalau sudah melenggang ke final, kami akan bertarung habis-habisan (puputan),” ungkap Wira Ditta.

Ia menilai, lawan tangguh tetap datang dari tim Jawa, seperti peraih emas Pra PON DKI dan peraih perunggu DIY. Selama ini, tim rugby Bali belum pernah melakukan uji coba. Bahkan, tim Papua dan DIY sempat datang ke Pulau Dewata, tetapi batal latih tanding melawan tim PON. “Sebagai gantinya, DIY dan Papua uji coba melawan tim Gianyar,” terangnya.

Baca juga:  Pematangan Teknik Kempo Tinggal Sepekan

Rombongan rugby termasuk kloter pemberangkatan terakhir. Rencananya, tim rugby bertolak dari Bali 8 Oktober, terbang dari Bali ke Jakarta, kemudian ke Papua. “Kami bertanding di venue milik TNI-AU Kabupaten Jayapura, 12-14 Oktober,” jelasnya. (Daniel Fajry/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *