Jalan Menuju Pura Agung Tampurhyang rusak berat. (BP/jay)

BANGLI, BALIPOST.com – Pura Agung Tampurhyang yang lokasinya di kaki Gunung Batur merupakan Pura Pusat Kawitan Mahagotra Catur Sanak Bali Mula. Saat pujawali ribuan, bahkan puluhan ribu pamedek dari seluruh Bali tangkil ke pura ini.

Sayangnya, jalan menuju ke pura tersebut rusak berat dan perlu perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangli. Jalan tersebut sudah bertahun-tahun tak pernah diperbaiki.

Sempat diaspal non hotmix, namun kini sudah rusak lagi. Karena rusaknya begitu parah sehingga batu dan pasir muncul ke permukaan.

Baca juga:  Usulan Perbaikan Jalan Selalu “Kandas” Saat Musrenbang

Tak hanya itu, lubang-lubang besar juga terlihat dan membuat kondisi jalan semakin sulit untuk dilewati kendaraan.

Menurut salah satu warga setempat, Made Adi banyak masyarakat yang mengeluhkan kondisi jalan tersebut. Pura Agung Tampurhyang ini merupakan Pusat Kawitan Mahagotra Catur Sanak Bali Mula. Meski tidak ada pujawali, namun banyak pamedek yang tangkil ke pura ini. “Sudah belasan tahun tak pernah diperbaiki,” katanya belum lama ini.

Baca juga:  Bengkel di Pemecutan Kebakaran, Sejumlah Bus dan Motor Hangus

Sementara itu, Ketua Umum Mahagotra Catur Sanak Bali Mula, Dr. I Ketut Mardjana membenarkan kondisi jalan ke pura tersebut rusak berat. Ia meminta kepada Pemkab Bangli memberikan perhatian serius terkait masalah jalan tersebut. “Jalannya rusak. Dari jalan raya menuju pura sekitar 700 meter,” ungkapnya.

Ia menjelaskan jika jalan tersebut diperbaiki, tak hanya soal releginya, namun juga bidang pariwisata, pertanian dan lainnya akan tumbuh baik di seputaran wilayah tersebut. Sebab banyak masyarakat yang bekerja sebagai petani dan di bidang pariwisata.

Baca juga:  Tabanan Genjot Perbaikan Jalan, Kategori Rusak Berat Hanya 10 Persen

“Selain jalan menuju pura ini, ada pula jalan yang lainnya kondisinya sama. Yakni jalan menuju Bukti Terunyan. Kalau ada pendukung jalan, umat akan lebih nyaman melakukan perjalanan ke pura dan tentunya pariwisata akan lebih berkembang,” imbuhnya. (Pramana Wijaya/balipost)

BAGIKAN

1 KOMENTAR

  1. hendaknya, sebelum jalan toll dapat terealisasikan di bali, maka hendaklah seluruh jalan desa, kecamatan, propinsi di bali harus sudah dalam kondisi baik, tidak ada lagi berita atau cerita jalan rusak bertahun tahun yang perlu perhatian pemerintah setempat..

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *