Petugas patroli Satpol PP Jembrana menjaring gepeng yang mengemis dan ngamen di seputaran Kota Negara. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Belasan gelandangan dan pengemis (gepeng) di sekitar Kota Negara, Kabupaten Jembrana ditertibkan Satpol PP Jembrana, Kamis (22/4). Belasan gepeng ini didominasi ibu-ibu berikut anak masih dibawah umur.

Mereka sejak dua pekan belakangan ini mengemis di pusat-pusat perbelanjaan dan perumahan. Belasan orang ini kemudian diangkut di Kantor Satpol PP Jembrana untuk dilakukan pendataan dan berkoordinasi dengan Dinas Sosial Jembrana.

Baca juga:  Laka Beruntun, Pengendara Motor Tewas

Patroli penanganan laporan masyarakat terkait Gepeng ini dilakukan di sejumlah titik.  Selain di seputaran Pasar Umum Negara, Terminal Umum Negara dan perempatan Lelateng-Banjar Tengah, petugas juga mengamankan sejumlah gepeng di Desa Tegalbadeng Barat.

Kepala Satpol PP Jembrana, I Made Leo Agus Jaya, mengungkapkan 17 gepeng ini setelah didata, dipulangkan ke daerah asalnya. Dari pendataan, mereka sebagian besar baik dewasa dan anak-anak berasal dari Karangasem.

Baca juga:  Ratusan Liter Arak Diamankan

Mereka akan dikembalikan dengan bus umum tujuan Terminal Ubung, Denpasar. Selain dari Karangasem, petugas juga mengamankan 2 orang pengamen asal Banyuwangi saat mengamen di Pasar Umum Negara. “Mereka juga  dikembalikan ke daerah asalnya melalui Pelabuhan Gilimanuk,” terang Leo.

Menurutnya, di momen-momen tertentu, seperti menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan, gepeng banyak muncul di wilayah Jembrana. Untuk antisipasi, patroli penertiban akan rutin dilakukan. (Surya Dharma/balipost)

Baca juga:  Gepeng di Klungkung Ternyata Sewa Kos, Barangnya Lengkap Sampai Punya Motor
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *