Upacara ngaskara Palebon Linggih Dane Jro Gede Hulun Danu Batur di Desa Songan, dipuput oleh Ida Pedanda Gede Putra Kemenuh dari Griya Tulikup, Gianyar, Senin (5/4). (BP/asa)

BANGLI, BALIPOST.com – Setelah melewati beberapa rangkaian upacara, Senin (5/4), merupakan puncak rangkaian palebon Linggih Dane Jero Gede Hulun Danu Batur di Desa Songan, Kintamani, Bangli. Upacara palebon dipuput Ida Pedanda Gede Putra Kemenuh didampingi Ida Pedanda Istri Agung dari Griya Tulikup, Gianyar dengan protokol kesehatan yang ketat.

Menurut pangelingsir setempat, I Kadek Ardi Negara didampingi Jero Mangku Hulun Danu Batur yang notabene anak mendiang Jero Gede Hulun Danu Batur di Desa Songan, bahwa pada puncak acara hari ini, Soma, Umanis, wuku Sungsang sebelum acara puncak didahului acara nebusin yang berlangsung di Pura Merajapati yang dipuput oleh jro mangku setempat. Setelah itu dilanjutkan dengan pemandian jenazah atau ngeringkes, munggah beya sebagaimana tradisi adat setempat.

Baca juga:  Batal, Rencana Revitalisasi Tiga Dermaga di Bangli

Sekitar pukul 10.00 WITA, diselenggarakan upacara ngaskara lan mendak tirta ring pura ibu yang dipuput oleh Ida Pedanda Gede Putra Kemenuh. Dalam pelaksanaan upacara ini, Jro Dasaran Ratu Nengah Gunung Agung dan Ratu Wayan Sekar Taji setempat juga turut “nganteb” banten teben watangan sesuai dresta di Songan.

Selain itu juga dirangkai dengan upacara narpana lan meras cucu. Nanti setelah acara ngaskara, menurut Jro Mangku Bujangga (Jro Budiana) didampingi Jro Mangku Gede Katut dan Jro Penyarikan Desa Pakaraman Songan, Gede Karyawan, rangkaian acara akan dilanjutkan menuju ke setra dengan petulangan padma dan lembu. “Selesai ngaskara ini, dilanjutkan dengan acara ngeseng layon, ngeplagin, nyeeb, nyumput, ngereka, munggah ring lembu penganyutan,” ucap Jro Mangku Bujangga. (Miasa/balipost)

Baca juga:  Marak, Pembuangan Sampah di Hutan Kintamani
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *