Nakes di Tabanan menerima suntikan vaksin COVID-19. (BP/Istimewa)

TABANAN, BALIPOST.com – Pemberian layanan vaksinasi tahap dua di Tabanan yang menyasar petugas pelayanan publik dan lansia masih terus berjalan di 29 titik fasilitas layanan kesehatan (fasyankes). Dari data Dinas Kesehatan Tabanan, hingga Selasa (16/3), sejumlah 11.139 orang warga Tabanan sudah tervaksin.

Kepala Dinas Kesehatan Tabanan dr Nyoman Suratmika mengatakan terdapat 315.000 sasaran vaksinasi. Ia mengutarakan Sumber Daya Manusia Kesehatan (SMDK) atau tenaga kesehatan sudah disasar pada tahap pertama.

Baca juga:  Vaksinasi Dosis I Nakes Tabanan Capai 84 Persen

Untuk vaksinasi tahap dua menyasar petugas pelayan publik dan lansia, dan telah dimulai sejak 1 Maret. Untuk pelayan publik, vaksinasi rencananya dituntaskan sampai dengan Juni. “Jadi masih terus berjalan saat ini, dan ini juga tergantung ketersediaan vaksin, kita lakukan bertahap,” terangnya, Selasa (16/3).

Dan untuk data sasaran vaksinasi, lanjut kata Suratmika, diatur oleh Puskesmas terkait. Sebab, mereka yang memiliki data akurat di wilayahnya. “Jadi kami di dinas kesehatan hanya sebatas memberikan aturan saja siapa sasaran layanannya kali ini dan distribusi vaksin, puskesmas nantinya yang mencari sasarannya sesuai data mereka,” terangnya.

Baca juga:  Prilaku Enggan Bayar Iuran Sebabkan BPJS Kesehatan Defisit

Lebih lanjut dikatakan Suratmika, kabupaten Tabanan sudah menerima distribusi vaksin dari Propinsi Bali sebanyak 3 gelombang. Gelombang pertama vaksin dikirim ke Tabanan sejumlah 7.200 dosis, gelombang 2, 1.300 dosis dan gelombang 3 sebanyak 8.000 dosis.

Total vaksin yang diterima sebanyak 16.500 dosis. Dari jumlah tersebut sudah digunakan pada 11.139 orang, sehingga sisa vaksin sebanyak 5.371 dosis untuk menyasar 2.680 orang. (Puspawati/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.