Lokasi gempa yang terjadi pada Sabtu (6/11). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Sabtu (5/11), sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Gempabumi Guncang Kuta

DENPASAR, BALIPOST.com – Gempabumi mengguncang Bali pada Sabtu (6/11). Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 7.33 WITA ini hanya sebentar dirasakan.

Meski hanya beberapa detik, guncangannya cukup keras. Dari info BMKG, gempa bermagnitudo 4,1.

Selengkapnya baca di sini

2. Mayadanawa dan Penista Agama

Kisah Mayadanawa dikaitkan dengan Galungan, sebuah perayaan keagamaan umat Hindu di Bali (Indonesia) yang dimaknai sebagai ungkapan syukur
kemenangan dharma (kebenaran) atas adharma (kebatilan). Konon, Mayadanawa adalah seorang raja zaman Bali Kuna yang berkeraton di Bedahulu.

Baca juga:  Jamin Tak Terjadi Kerawanan Pangan di Karangasem

Pada masa pemerintahannya, masyarakat Bali digambarkan hidup dalam nestapa lahir batin. Mayadanawa dilukiskan sebagai penguasa yang bengis, angkuh, adigang adigung, durjana angkara murka. Penerus dari Raja Jayapangus ini melarang rakyatnya menggelar ritual keagamaan.

Selengkapnya baca di sini

3. Gempabumi di Kuta, Ini Hasil Analisa BMKG

DENPASAR, BALIPOST.com – Gempabumi mengguncang Kuta pada Sabtu (6/11). Peristiwa yang terjadi pukul 07.33 WITA ini dirasakan di wilayah Kuta Utara.

Baca juga:  Di GKI Surabaya, 3 Perempuan Diduga Pengebom Tewas

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan magnitudo 4,1. Episenter terletak pada koordinat 9,48° LS; 115,69° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 91 km Tenggara Kuta Selatan, Bali pada kedalaman 15 km.

Selengkapnya baca di sini

4. Balik Lagi ke 2 Digit, Tambahan Kasus COVID-19 Bali

DENPASAR, BALIPOST.com – Penambahan kasus harian COVID-19 Bali pada Sabtu (6/11) kembali lagi ke dua digit. Padahal, sehari sebelumnya tambahan kasus mencapai 9 orang dan merupakan rekor terendah yang dilaporkan sejak gelombang kedua menghantam di awal Juni dan mencapai puncaknya pada 15 Juli 2021.

Baca juga:  Harga Kebutuhan Pokok di Badung Bergejolak

Korban jiwa juga masih bertambah. Jumlahnya sama dengan sehari sebelumnya.

Selengkapnya baca di sini

5. Poso Diguncang Gempa Berpusat di Darat

POSO, BALIPOST.com – Gempabumi melanda Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Sabtu (6/11). Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Geofisika Palu, gempabumi berkekuatan 5.4 magnitudo.

Gempa ini kedalamannya 10 kilometer, berpusat di darat. Lokasinya 1.36 LS – 120.48 BT.

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *