Lokasi gempabumi tektonik yang terjadi Sabtu (6/11). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Gempabumi mengguncang Kuta pada Sabtu (6/11). Peristiwa yang terjadi pukul 07.33 WITA ini dirasakan di wilayah Kuta Utara.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan magnitudo 4,1. Episenter terletak pada koordinat 9,48° LS; 115,69° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 91 km Tenggara Kuta Selatan, Bali pada kedalaman 15 km.

Kepala Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar, Agus Wahyu Raharjo, SP, dalam rilisnya mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di dasar laut. “Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Kuta Utara II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang),” jelasnya.

Baca juga:  Wasekjen PBB Hadiri Simulasi Evakuasi Mandiri di SD 2 Tanjung Benoa

Disebutkannya, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempabumi tektonik menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi Tsunami. “Hingga pukul 08.24 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan,” tutupnya. (Winatha/balipost)

BAGIKAN