Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengikuti vaksinasi pada Gebyar Vaksinasi yang dipusatkan di Gedung Auditorium Jembrana. (BP/Ist)

NEGARA, BALIPOST.com – Sampai Selasa (16/3), masyarakat kabupaten Jembrana yang telah tervaksinasi COVID-19 mencapai 9.000 orang. Jumlah itu baru diperuntukan bagi kalangan tenaga kesehatan, TNI /Polri serta ASN yang bertugas pemberi layanan publik.

Mempercepat target dan sasaran vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat Kabupaten Jembana, Bupati, I Nengah Tamba akan melakukan upaya dan terobosan langsung dengan cara jemput bola.

Hal itu disampaikan Bupati Tamba, saat gebyar vaksinasi COVID-19 yang dilaksanakan serentak di Bali, khusus di Kabupaten Jembrana dipusatkan di Gedung Auditorium Jalan Sugianyar Jembrana. Pelaksanaan gebyar vaksinasi serentak se Bali juga dipantau oleh Presiden RI, Joko Widodo, secara virtual, Selasa(16/3).

Kesempatan itu, Bupati Tamba untuk pertamakalinya mendapat vaksinasi usai dinyatakan lolos dari uji skrining kesehatan. “Hingga hari ini vaksinasi di Jembrana sudah sebanyak 9.000 orang. Jumlah itu baru menyasar tenaga kesehatan, TNI/Polri serta ASN yang bertugas pelayanan langsung kemasyarakat. Ke depan kita ingin lebih banyak lagi masyarakat bisa divaksin. Caranya dengan jemput bola ke kantong-kantong masyarakat seperti pasar serta daerah padat penduduk,” kata Bupati Tamba.

Baca juga:  Bendesa Candikuning Kembalikan Uang Rp 200 Juta

Sedangkan khusus vaksinasi hari ini dijelaskannya target sasaran bisa tercapai 1.200 orang/hari. Jumlah itu meliputi ASN sebanyak 900 orang, Rohaniawan 100 orang dan masyarakat lansia serta masyawarakat swasta sekitar 200 orang.

Untuk mempercepat dan memastikan semua masyarakat tervaksinasi, kata Bupati Tamba, akan dilakukan dengan upaya jemput bola. Terkait upaya jemput bola, Bupati Tamba menjelaskan pola itu ditempuh untuk percepatan.

Hal itu juga sesuai dengan instruksi pemerintah pusat, agar lebih banyak lagi masyarakat divaksin dalam mencapai kekebalan kelompok. Harapannya tentu pariwisata di Bali bisa pulih dan dibuka kembali. ”Kita ingin target sasaran di Jembrana bisa divaksin seluruhnya dan dipercepat realisasinya. Ke depan akan kita lakukan upaya jemput bola ke masyarakat sehingga target 1.200 sasaran per-hari akan tercapai,” tegasnya.

Baca juga:  Vaksinasi COVID-19 Mulai Dilakukan, WHO Ingatkan Ini

Bupati Tamba yang didampingi Wabup, I Gede Ngurah Patriana Krisna, juga ingin memastikan, semua kantong-kantong yang potensial akan tervaksinasi, “Semua kantong-kantong potensial akan kita sasar seperti, wilayah yang ada di kelurahan Gilimanuk temasuk warga Masyarakat yang beraktivitas di pasar-pasar umum di Jemrana. Dengan cara itu, semua masyarakat akan cepat menerima vaksinasi COVID-19,” tegasnya.

Sementara Kadis Kesehatan Jembrana dr I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata mengatakan, pada gebyar vaksin yang dipusatkan di gedung auditorium hari ini merupakan vaksin untuk tahap pertama dan tahap kedua. ”Ini pemberan vaksin untuk tahap pertama dan kedua. Untuk sasaran hari ini sebanyak 1.200 orang terdiri dari vaksin untuk institusi pemerintah,lansia dan para rohaniawan. Sedangkan untuk pemberian vaksin selanjutnya yakni, vaksin untuk masyarakat tahap ketiga akan dilaksanakan pada Juni mendatang,“ pungkasnya.

Baca juga:  Batam Laporkan Kasus "Re-infeksi" COVID-19

Oka parwata juga menjelaskan gebyar vaksin hari ini juga sesuai dengan perintah pemerintah pusat dan provinsi. Total vaksinator yang terlibat hari ini sebanyak 50 orang.

Sedangkan vaksin yang digunakan masih dengan merek Sinovac sama jenisnya dengan vaksin yang digunakan untuk tenaga medis. “Untuk tahap kedua, kepada pelayanan publik dan lansia kita targetkan selesai bulan juni dengan jumlah total 40 ribuan orang sasaran. Berikutnya disusul masyarakat. Total sasaran seluruhnya di Jembrana sebanyak 100 ribuan,” jelasnya. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.