SEMARAPURA, BALIPOST.com – Guna memperkuat penerapan prokes di tempat ibadah, personil TNI memasang belasan wastafel di tempat-tempat ibadah. Tempat ibadah dipilih karena kerap menimbulkan kerumunan, sehingga rentan menjadi tempat penyebaran COVID-19. Selain tempat ibadah, wastafel juga dipasang di tempat umum di beberapa desa/kelurahan  di masing-masing kecamatan.

Wastafel yang dipasang TNI Kodim 1610/Klungkung ini, bantuan dari Pangdam IX/Udayana, memperingati HUT Korem 163/Wira Satya ke-60 pada 27 Februari nanti. Ini sumbangsih Kodam IX/Udayana terhadap  pandemi COVID-19 yang sampai saat ini menjadi perhatian serius baik pemerintah pusat maupun daerah.

Komandan Kodim 1601/Klungkung, Letkol Czi Paulus Joni Simbolon, Kamis (18/2) menjelaskan pemasangan wastafel ini untuk mendukung program pemerintah dalam rangka penanganan  pandemi COVID-19 yang dilaksanakan secara bersinergi oleh Satgas Penanganan COVID-19 di tingkat Kabupaten/Kota. Apalagi saat ini Klungkung sebagai kabupaten penyangga sudah melaksanakan PPKM berskala mikro di tingkat desa/kelurahan.

Baca juga:  Ratusan Pedagang Pasar Sengol Pindah ke GOR Kebo Iwa

“Kodim Klungkung sampai saat ini telah menerima bantuan wastafel dari Bapak Pangdam IX/Udayana tahapan ke-3. Pada tahap sebelumnya, kami telah mamasang beberapa unit wastafel di beberapa titik di kecamatan di Klungkung Daratan seperti Kecamatan Klungkung, Banjarangkan hingga Nusa Penida,” katanya.

Dengan tersedianya fasilitas cuci tangan di tempat ibadah maupun fasilitas umum lainnya, diharapkan masyarakat dapat mendukung penerapan protokol kesehatan secara maksimal, untuk memutus penyebaran virus korona. Pada bulan ini, sejumlah 17 unit wastafel akan dipasang secara bertahap oleh satuan pelaksana Kodim 1610/Klungkung khususnya Koramil jajarannya, dengan rincian pemasangan diantaranya: 4 unit di Kecamatan Klungkung, 4 unit di Kecamatan Banjarangkan, 4 unit di Kecamatan Dawan dan 5 unit di Kecamatan Nusa Penida.

Baca juga:  Lelang Lukisan Kartun Untuk Bantu Korban Gempa Tsunami Palu - Donggala

Seperti di Kecamatan Klungkung, lokasi pemasangan 1 unit wastafel di depan candi bentar pintu masuk Pura Puseh Desa Adat Tegak Kecamatan Klungkung. Pemasangan wastafel dilaksanakan pada Hari Rabu (18/2) secara bergotong royong oleh personel Koramil 1610-01/Klungkung dibantu warga pengempon pura setempat. Sementara di Nusa Penida dipasang di Masjid Al-Imron yang terletak di Desa Kampung Toyapakeh dan di Pura Goa Giri di Desa Suana. Pemasangannya dilakukan Babinsa Desa Kampung Toyapakeh dan Babinsa Desa Suana.

Baca juga:  Puluhan Kegiatan Rangkaian G20 Berlangsung Sukses

Muhammad Juhaeni, Ketua Takmir Masjid dan Bendesa Karangsari I Wayan Wiranata yang mewakili warganya menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan tersebut. “Semoga dengan bantuan tempat cuci tangan ini, warga kami makin disiplin dalam menjalankan Protokol Kesehatan, sehingga memutus penyebaran COVID-19 di wilayah Kecamatan Nusa Penida,” katanya. (Bagiarta/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *