Ilustrasi warga mengikuti rapid test antigen, Kamis (14/1). (BP/Dokumen)

GIANYAR, BALIPOST.com – Menyusul adanya puluhan warga Banjar Pengembungan, Desa Pejeng Kangin, Tampaksiring, terkonfirmasi COVID-19, ratusan warga di-rapid test antigen. Pelaksanaannya dilakukan Kamis (14/1).

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Gianyar, Anak Agung Anom Sukamawa mengatakan rapid test antigen dilakukan pada 835 warga Banjar Pengembungan. Pelaksanaan rapid test ini dilakukan di sejumlah tempat. Yakni Balai Banjar Pengembungan, areal Jaba Pura Ulun Suwi, Banjar Pengembungan. Lapangan Voli Banjar Pengembungan dan areal parkir sebuaj villa.

Baca juga:  Persentase Kasus COVID-19 Aktif Ditangani Denpasar Tinggal 5 Persenan

Rapid tes antigen secara massal ini dilakukan karena sebelumnya puluhan warga Banjar Pengembungan tertular COVID-19. Tercatat sedikitnya, 24 warga terpapar COVID 19 dari klaster keluarga.

Anom menyampaikan dari 835 orang yang rencananya dirapid, hanya 598 orang yang menjalani. Dari 598 orang tersebut sebanyak 9 orang dinyatakan reaktif. “Sembilan orang reaktif selanjutnya akan melalui swab PCR,” tambahnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, dr Ida Komang Upeksa menjelaskan rapid tes antigen dilaksanakan menyikapi perkembangan situasi di desa setempat. “Yang dirapid sebanyak 835 orang kontak erat yang ada di satu desa tersebut,” jelasnya.

Baca juga:  Warga di Mudutaki Disasar Rapid Test Antigen

Dalam kesempatan itu, Upeksa menyampaikan untuk mengantisipasi kerumunan, warga yang setelah dirapid diarahkan langsung pulang. “Lokasi yang ditentukan terdapat empat titik pengambilan, tujuannya untuk mengantisipasi kerumuman yang ada,” katanya. (Wirnaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *